oleh

Pembalap Balita Ramaikan Tor de Linggarjati

KUNINGAN – Menjelang bergulirnya event Tour de Linggarjati (TdL) ke-5, tercatat ada sebanyak 401 pembalap sepeda baik dari dalam maupun luar negeri yang telah mendaftar. Ratusan atlet pesepeda ini bakal meramaikan TdL sebagai event tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

Para pembalap yang akan turun kemungkinan bertambah mengingat masih banyak peserta yang mendaftar. Termasuk juga pembalap dari luar negeri. Khusus untuk yang dari luar negeri, mereka meminta bantuan dalam urusan visa.

Ketua TdL 2019 Drs Agus Sadeli MPd didampingi Wakil Ketua I Drs H Uca Somantri dan Wakil Ketua II U Kusmana SSos MSi membenarkan jika peserta TdL yang sudah mendaftar mencapai 401. Angka ini kemungkinan bertambah karena panitia masih melakukan pengecekan. Bahkan ada peserta dari Iran yang mendaftar untuk ambil bagian di TdL.

“Kemarin, ada dari negara Iran lebih dari lima pembalap ingin daftar dan mereka minta dibantu untuk visanya. Selama kami bisa, kami akan bantu, bahkan negara tetangga seperti Brunei Darussalam juga ingin mendaftar,” kata Agus diamini U Kusmana, kemarin (8/9).

Uu menimpali, hingga kini tercatat ada 401 pembalap dengan usia paling muda sekitar 3 tahun (balita) yakni Shindu Ardhiyanto asal tim Konspin. Shindu mengikuti kategori boy challenge. Sedangkan yang tertua adalah Narkim 63 tahun yang turun membawa bendera Indramayu.

“Semua pembalap itu mendaftar secara online. Adapun rincian 401 pembalap ini kategorinya yakni men youth berjumlah 61 orang, men junior 54 pembalap, dan men elite sebanyak 99 pembalap,” papar dia.

Untuk kategori master A, lanjut Uu, tercatat 31 orang pembalap akan turun berlaga dan 53 orang di kategori master B. Sedangkan 32 orang pembalap akan beradu kecepatan pada kategori boy challenge.

“Kemudian 20 pembalap telah terdaftar untuk bertanding dalam kategori women youth, 15 orang dalam kategori women elite dan 20 orang akan bertanding pada kategori girl challenge, dengan banyak pembalap sudah dipastikan bakal seru,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya sangat senang dengan antusias peserta dalam memeriahkan TdL. Itu bisa dilihat dari membeludaknya pendaftar di fun bike.

“Jangan salah, antusias peserta fun bike juga sangat membeludak. Mereka yang daftar sudah 4.000 peserta dan datang dari seluruh Indonesia. Ini memang sangat luar biasa. Nama Kabupaten Kuningan terangkat dengan gelaran ini,” tegas Uu.

Dia menambahkan, bahwa rute yang akan dilalui peserta lomba meliputi 23 kecamatan dan 117 desa/kelurahan di Kabupaten Kuningan, saat ini sudah siap. Event ini akan siap dihelat pada 13-15 Sepetember 2019 nanti.

“Untuk rute yang akan dilalui, perbaikannya terus dikebut. Kami meyakini jika sebelum pelaksanaan, ruas jalan yang diperbaiki rampung semua. Peserta akan nyaman melintas di rute yang sudah ditentukan,” katanya.

Sementara itu, peserta fun bike TdL setiap tahunnya semakin meningkat. Hal ini terbukti, bahwa hingga kini jumlah pesepeda yang terdaftar mencapai 156 klub sepeda dari berbagai penjuru Tanah Air.

Diperkirakan event TdL kali kelima ini akan lebih meriah dibanding tahun lalu, sebab persiapan panitia lebih matang. Selain fun bike, akan diadakan pula event Free Style BMX yang menampilkan ketangkasan para bikers BMX dalam memainkan gaya ekstrem bersepeda.

Ada juga gelaran baru yang memeriahkan TdL 2019 yakni Festival Tour de Linggarjati. Festival ini menyuguhkan beragam kuliner khas Kuningan, yang akan dipusatkan di Jalan Dewi Sartika, kota Kuningan.

“Kita ketahui bersama, bahwa Jalan Dewi Sartika adalah pusat jajanan dan tempat nongkrong anak-anak muda Kota Kuningan. Semua jajanan dan kuliner khas ada mulai dari hucap, kasreng, dan banyak pusat jajanan di daerah itu,” kata Ketua TdL V Agus Sadeli saat memberi keterangan persnya, Minggu (8/9).

Diharapkan, adanya festival kuliner TdL ini ke depan akan semakin memotivasi para pengusaha kuliner di Kabupaten Kuningan agar terus berinovasi terhadap ragam kuliner Kota Kuda. Sehingga kuliner-kuliner Kuningan akan mampu bersaing dengan kuliner dari daerah lain.

“Gelaran TdL kali ini akan banyak yang berbeda mulai dari adanya Free Style BMX, festival kuliner, dan juga ada fun bike yang akan diikuti sebanyak 156 klub dari berbagai penjuru Tanah Air,” sebutnya.

Pihaknya meminta agar seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan ikut memanfaatkan event ini agar bernilai ekonomis bagi masyarakat Kuningan. Sehingga dampak ekonomi akan terasa oleh masyarakat itu sendiri.

“Silakan masyarakat membuat kerajinan cenderamata khas Kuningan seperti kaos maupun cenderamata lainnya untuk dipasarkan. Sebab akan banyak wisatawan yang datang ke Kabupaten Kuningan,” imbaunya.

Agus menambahkan, saat penutupan pendaftaran pada Jumat (13/9) depan, diperkirakan akan ada 5.000 peserta yang akan mengikuti fun bike TdL. “Untuk itu, mari kita bersama-sama mensukseskan acara Tour de Linggarjati. Semoga dapat memberikan manfaat dan bernilai ekonomi untuk warga Kabupaten Kuningan,” pungkasnya. (ags)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed