Pembangunan Pasar Sumber-Pasalaran Tunggu Lelang

PEMBANGUNAN-PASAR-SUMBER
Pembangunan lanjutan Pasar Sumber dan Pasalaran masih menunggu lelang. FOTO:ILMI YANFAUNNAS/RADAR CIREBON

CIREBON-Pembangunan Pasar Sumber dan Pasalaran segera dilanjut.  Saat ini, dua proyek tersebut telah masuk lelang. Berdasarkan website LPSE Kabupaten Cirebon pertanggal 15 Mei 2018, telah dibuka dokumen penawaran.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Cirebon Eka Hamdani menyampaikan, pihaknya belum mengetahui kapan pembangunan lanjutan Pasar Sumber dan Pasalaran.  Meski demikian,  pihaknya telah mengajukan proses lelang ke Bagian Pembangunan Setda.

“Kita belum tahu kapan akan dibangun, karena masih menunggu proses lelang selesai sampai ada pemenang,” ujar Eka kepada Radar Cirebon.

Menurutnya, alokasi anggaran yang diajukan dalam proses lelang untuk Pasar Sumber sebesar Rp4,960 miliar dengan HPS (Harga Perkiraan Sendiri) Rp4,960 miliar.  Sementara Pasar Pasalaran pagu anggarannya Rp9,5 miliar dengan nilai HPS Rp9 miliar.

“Kalau dilihat dari lelang LPSE, tanggal 15 sampai 21 Mei pembukaan dokumen penawaran. Kemudian,  penetapan pemenang dan pengumuman tanggal 21 Mei. Sedangkan masa sanggah atau barangkali ada yang keberatan dengan hasil lelang selama dua hari tanggal 22-24 Mei,” paparnya.

Kemudian, sambung Eka,  untuk Surat Penunjukan Penyedia Barang dan Jasa tanggal 25 Mei pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Setelah itu, penandatanganan kontrak tanggal 28 Mei sampai 4 Juni mendatang.

“Yang jelas, pembangunan lanjutan dua pasar akan dibangun tahun ini. Pedagang bisa kembali berjualan di pasar yang baru direvitalisasi,” paparnya sembari menyampaikan, pembangunan tahap pertama Pasar Sumber mencapai 70 persen, sedangkan Pasar Pasalaran baru 48 persen.

Dia menambahkan,  lelang pembangunan pasar bukan hanya Sumber dan Pasalaran.  namun Disdagin juga mengajukan lelang untuk revitalisasi Pasar Pasaleman Rp1 miliar,  Pasar Cipeujah Rp1,2 miliar, Pasar Babakan Rp1,3 miliar, Pasar Sampiran Rp1,1 miliar, dan Pasar Gegesik Kidul Rp1,3 miliar.  (sam) 

Content Protection by DMCA.com