Pemkab Cirebon Siapkan Rp 14 M untuk Tempat Pembuangan Akhir Sampah

498
Kadis Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Sukma Nugraha.

CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon saat ini berupaya mencari tanah untuk tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Karena sampah hingga saat ini masih menjadi masalah utama di Kabupaten Cirebon.

Untuk merealisasikan TPA, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 14 miliar. Namun, masalahnya, lokasi yang tepat untuk TPA belum ditemukan.

“Kami masi mencari cari tempatnya. Karena pengadannya secara mutlak harus sesuai dengan tata ruang wilayah,” kata Kadis Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Sukma Nugraha.

Menurut Sukma, dalam pencarian tanah tersebut, dinas yang dipimpinnya tidak bisa berjalan sendiri. Namun, harus hati-hati dan meminta bantuan Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan kajian yang sesuai dengan tata ruang.

“Ada tiga lokasi yang menjadi target kami. Tentunya titik-titik itu sesuai dengan Perda RTRW Tahun 2011. Namun, kami belum tahu harga tanah yang akan dibebaskan itu berapa,” kata Sukma.

Sukma menyebutkan, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam pembebasan tanah. Kendala itu di antaranya harus sesuai dengan tata ruang dan hubungan dengan masyarakat juga baik. Selain itu, keberadaan TPA harus menguntungkan masyarakat sekitar. (cecep)