oleh

Pemugaran Masjid Kuno Bondan Masih Menunggu Kajian BPCB

INDRAMAYU – Rencana pemugaran Masjid Kuno Bondan (Masjid Darus Sajidin), Blok Sapuangin, Desa Bondan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu masih menunggu tim kajian dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten.

Panitia pemugaran, Yana mengatakan, rencana pemugaran Masjid Darus Sajidin Bondan masih terbentur persyarakaran administrasi kepemilikan tanah. Padahal menurutnya, masjid yang berdiri sejak tahun 1414 Mesehi itu merupakan berdiri di tanah yang tak bertuan.

“Saya masih berupaya, surat persetujuan bupati, dan BPCB Banten, minta ada surat wakaf tanah,” kata Yana kapada wartawan, Kamis (12/9).

Sementara itu, Koordinator BPCB Banten wilayah Indramayu, Mistara, mengatakan, untuk merenkontruksi dan pemugaran kompleks Masjid Kuno Bondan, perlu adanya kajian dari BPCB Banten. Karena bangunan masjid sudah menjadi cagar budaya di bawah pengawasan balai cagar budaya.

“Harus dikaji. Dari tim BPCB melihat bangunan jangan sampai mengubah nilai cagar budayanya, dan anggarannya berapa, saya selalu mendampingi panitia agar bisa proses pemugaran sesuai ketentuan dari balai,” jelasnya. (oni)

News Feed