oleh

Pengumuman Fraksi dan Pimpinan DPRD Kota Cirebon Batal

-Kota Cirebon-34 views

CIREBON–Sesuai rencana, DPRD seharusnya mengumumkan komposisi fraksi-fraksi melalui rapat paripurna internal, Jumat (6/9). Agenda ini sangat krusial, karena komposisi fraksi menjadi pintu masuk untuk penyusunan alat kelengkapan dewan (AKD).

Agenda ini kembali ditunda karena PDI Perjuangan belum menyerahkan komposisi fraksi ke sekretariat DPRD hingga Kamis sore (5/9). Kepala Sub Bagian Protokol, Diding Sugiading MSi mengatakan, Sekretariat DPRD tidak bisa memproses lebih lanjut karena masih kurang satu fraksi. Pengumuman komposisi fraksi dan pimpinan DPRD di rapat paripurna internal baru bisa dilakukan setelah semuanya lengkap. “Kalau PDIP masuk hari ini (kemarin, red), harusnya jadi (paripurna),” tuturnya.

Di tempat terpisah, Ketua DPC PDIP Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati mengaku sampai saat ini masih menunggu dari DPP PDIP. Ketika DPP memberitahu maka DPC akan berangkat untuk menjemput SK tersebut. “Belum, rencananya sih Minggu ini,” katanya.

Disinggung terkait pernyataan Rohmin Dahuri perihal posisi wakil ketua DPRD yang punya pengalaman dan dari incumbent, dan menjadikan Edi Suripno memiliki peluang besar, Fitria menganggap itu semua kewenangan DPP. Bahkan menurut Fitria sebenarnya keputusan pleno DPP sudah selesai dan final, tinggal proses SK. “Waktu itukan Pak Rohmin kan ke Korea, bisa jadi beliau tidak mengikuti prosesnya,” ucap dia.

Sebelumnya pengurus DPP PDIP, Prof Rohmin Dahuri MSi menjelaskan perihal belum turunnya SK dari DPP. Menurutnya, ada sejumlah daerah yang belum menetapkan dan masih dalam proses. Namun demikian, pada akhir pekan ini diprediksi sudah bisa ditentukan termasuk Kota Cirebon. Rohmin sempat memberi kode. Untuk duduk di pimpinan dewan harus memenuhi persyaratan yakni diantaranya  incumbent. “Beri waktu kami untuk memutuskan,” kata Rohmin.

Sementara itu, Edi Suripno saat dikonfirmasi tentang peluangnya menduduki kursi wakil ketua DPRD, memilih enggan berkomentar. Yang jelas, dia sudah mengikuti fit and proper test tentang komitmen target ke depan partai dan pilkada. “Pakta integritas sudah kita tanda tangani dan sudah disediakan DPP termasuk poin-poinnya sudah tersepakati,” tandasnya.

Seperti diketahui, di luar PDIP posisi lain di fraksi maupun pimpinan DPRD sudah terisi. Posisi salah satu Wakil Ketua DPRD sudah pasti milik M Handarujati Kalamullah. SK nomor 170/SK/DPP.PD/VIII/2019 dari DPP Demokrat sudah diterima dan dibubuhkan tanda tangan Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk Ketua DPRD, juga sudah pasti dijabat Affiati dari Partai Gerindra yang juga sudah menerima SK DPP. Saat diwawancarai wartawan koran ini, Andru –sapaan akrab M Handarujati Kalamullah- mengaku sudah menuntaskan proses administrasi di Sekretariat DPRD. “Alhamdulillah Demokrat sudah klir,” tandasnya. (abd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed