oleh

Penonaktifan Peserta BPJS Masih Validasi

-Kota Cirebon-6 views

CIREBON-Tidak kurang sekitar 10.591 peserta BPJS PBI APBN di Kota Cirebon dinonaktifkan. Namun sampai kini, prosesnya masih di tahap validasi.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cirebon Sumbut Murwata menjelaskan, penonaktifan kepesertaan PBI APBN sebanyak 10.591 data itu disampaikan  Dinas Kesehatan (Dinkes), Kepala Dinas Sosial Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsos-P3A), dan kepala BPJS.

Namun demikian, tahap validasi Dinsos-P3A tentang PB1 APBN sebanyak 10.591 belum rampung. Ada pula peluang, data PBI bisa saja data dibiayai oleh APBD Kota Cirebon. “Dinonaktifkan atau tidak masuk dalam data terpadu yang bisa mengakses dinas sosial. Karenanya dinas sosial bisa melakukan verifikasi validasi dan bisa saja hasilnya dimasukkan ke PB1 APBN,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinsos-P3A Iing Daiman SIP MSi menjelaskan, pemerintah daerah harus merespons penonaktifan Peserta BPJS Kesehatan PB1 yang dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Karenanya, Dinsos-P3A telah melakukan pertemuan dengan semua instansi terkait, dan masih mencari solusi.

Pihaknya juga akan menyampaikan kepada masyarakat bahwasannya  penonaktifan para peserta PBI sepenuhnya dilakukan oleh kemensos melalui pusdatin “Sekarang sudah mulai bermunculan keluhan-keluhan para peserta yang karto BPJS nya non aktif,” katanya.

Untuk sementara, peserta BPJS Kesehatan yang statusnya non aktif dapat melakukan migrasi ke BPJS Kesehatan mandiri. Mengenai kemungkinan di-cover oleh APBD, Iing merasa hal tersebut tidak memungkinkan. Mengingat jumlah kepesertaannya yang mencapai 10.591. “Sari APBD kota terbatas, tidak bisa kita semua,” tuturnya. (abd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed