Perindo Bagi-Bagi Mesin Perontok Padi dan Gerobak UMKM

352
Pengurus Partai Perindo menyerahkan mesin perontok padi bagi petani Cirebon. FOTO: PERINDO FOR RADARCIREBON.COM

CIREBON-Guna mendorong perekonomian, Partai Perindo memberikan mesin perontok padi bagi petani dan gerobak usaha mikro, kecil menengah (UMKM) bagi masyarakat Cirebon.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan mesin perontok padi diberikan kepada petani sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah. Mesin perontok yang diberikan oleh DPP Partai Perindo tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas petani di Indonesia.

DPP Partai Perindo menyerahkan mesin perontok padi kepada kelompok Tani Sukamaju binaan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Kabupaten Cirebon, yang berlokasi di Perumahan Taman Pengamponan, Desa Danawinangun, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon.

“Selama ini, petani sangat kesulitan mendapatkan keuntungan dengan cara panen raya secara manual ditambah penyewaan mesin perontok padi yang cukup mahal untuk operasional. Oleh karena itu Partai Perindo memberikan bantuan mesin perontok padi,” ungkapnya, Selasa (12/09)

Dia mengimbau agar para petani bisa memaksimalkan dan memanfaatkan bantuan ini karena diharapkan bantuan ini sebaik mungkin bisa membantu operasional para petani.

Ketua Kelompok Tani Sukamaju, Jahari mengatakan sangat bersyukur dengan pemberian bantuan tersebut dan berterimakasih sebesar-besarnya sehingga bantuan ini bisa membantu pendapatan para petani. Ke depannya, semoga Partai Perindo dapat membantu semua petani hingga di seluruh Indonesia. “Dengan adanya mesin perontok padi ini juga bisa mengurangi biaya operasional kami yang sebelumnya antara pendapatan dan pengeluaran tidak sebanding,” tambahnya.

Kiprah Partai Perindo selama ini sudah menjadi solusi bagi permasalahan yang ada di tengah masyarakat, selain itu kontribusi dan karya nyata Perindo sudah diakui masyarakat khususnya bagi masyarakat kecil. “Partai Perindo sudah menjadi solusi bagi masalah petani, berkarya nyata dan berkontribusi kepada para petani,” kata Ketua DPW Partai Perindo Jawa Barat Ade Wardhana Adinata, saat penyerahan mesin perontok padi di Perumahan Taman Pengamponan.

Ketua Pokja UMKM DPP Perindo Wisnu mengungkapkan, Cirebon merupakan daerah percontohan untuk bantuan mesin perontok padi, yang nantinya akan ada pemberian bantuan mesin perontok padi kepada para petani yang merupakan binaan partai Perindo di daerah lainnya. “Mesin perontok padi ini diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian di Cirebon yang nantinya jika ini berhasil akan diberikan bantuan mesin perontok padi ke kelompok tani lainnya di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Wisnu berharap selama 1,5 tahun kedepan mesin perontok padi ini bisa ‘beranak’ dan bertambah, jadi nanti kelompok tani yang diberikan mesin perontok padi hasil dari pertaniannya bisa ditabung agar bisa membeli mesin perontok padi lagi untuk membantu para kelompok tani lainnya sehingga pendapatan para petani bisa meningkat.

Ketua DPP Bidang Hukum dan Advokasi Partai Perindo, Christophorus Taufik mengatakan Cirebon dipilih sebagai daerah percontohan dengan berbagai pertimbangan yang pertama wilayah Cirebon yang cukup besar, kedua antusias masyarakat Cirebon yang sangat besar dan ketiga lokasi Cirebon yang tidak jauh dari Jakarta sehingga jika dilakukan analisa dan monitoring lebih terkontrol sehingga hasilnya bisa diterapkan ke daerah lain.

“Dalam pemberian mesin perontok padi ini bukan kuantitas yang dikejar melainkan kualitas yang kita kejar, bagaimana memperdayakan masyarakat agar percontohan ini bisa berjalan sebaik mungkin,” ucapnya.

Sementara itu, DPD Partai Perindo Kabupaten Cirebon juga membagikan gerobak gratis kepada pelaku UMKM. Pembagian gerobak tersebut disambut antusias warga, bahkan warga rela menunggu untuk mengikuti pembagian gerobak gratis ini yang bertempat di Kantor DPD Partai Perindo Kabupaten Cirebon jalan Taman Kemantren, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Sekretaris DPD Partai Perindo Kabupaten Cirebon Murjoko Hadi mengatakan pembagian gerobak gratis tahap pertama kepada masyarakat ini sebanyak enam gerobak. Masyarakat pun sangat antusias mengikuti dan menerima pembagian gerobak gratis ini. Pembagian gerobak ini, lanjutnya, merupakan bentuk kepedulian partai yang didirikan Hary Tanoesoedibjo ini terhadap masyarakat kecil. Khususnya, para pedagang yang membutuhkan bantuan untuk bisa meningkatkan pendapatannya.

“Untuk kriteria pedagang penerima gerobak adalah pedagang yang telah memiliki usaha minimal 1 tahun dan menyerahkan fotokopi KTP dan KK sebagai identitas penerima, ini sangat mudah siapapun bisa menerimanya,” paparnya.

Dia juga menetapkan target Perindo Cirebon dapat memberikan gerobak gratis tahap kedua, sedangkan untuk target pembagian gerobak tahun ini sebanyak 30-35 gerobak. (rls)