Pertamina Luncurkan Tiga Produk Baru

230
LAUNCHING PRODUK BARU: Sales Area Manager Retail Bogor-Jawa Barat PT Pertamina Lubricants Noor Khakim memaparkan tiga produk baru diluncurkan Pertamina di Grage Multifunction, Rabu (30/11). OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

Undang Outlet Klaster Cirebon dan Majalengka

CIREBON – Pertamina meluncurkan tiga produk baru bersama para mitra outlet dari kluster Cirebon dan Majalengka, di Grage Multifunction, Rabu (30/11). Selain pemaparan umum seputar produk baru tersebut, acara juga dihibur live music dan doorprize menarik bagi undangan yang hadir.

Sales Area Manager Retail Bogor-Jawa Barat PT Pertamina Lubricants Noor Khakim mengatakan, tiga produk baru yang Pertamina keluarkan adalah Enduro Matic G Matic, Meditran SX Bio dan Fastron untuk varian dengan kekentalan lebih rendah (encer). Kabar baiknya, saat ini ketiganya sudah tersedia di outlet-outlet Pertamina di wilayah Cirebon. Ini merupakan strategi pemasaran yang digunakan. Pertamina merangkul terlebih dulu outlet sebagai ujung tombak penjualan sebelum sampai ke tangan end user (konsumen).

“Setelah produk tersebar, baru iklan naik. Jadi, saat ada permintaan konsumen langsung tersedia,” katanya.

Khakim menjelaskan, Enduro Matic G Matic merupakan pengganti produk sebelumnya. Hanya saja, yang terbaru ini menyasar matik segmen lain dengan harga yang lebih ekonomis. Terbaru Meditran SX Bio merupakan satu-satunya dan pertama kali pelumas di Indonesia yang fokus untuk kendaraan berbahan bakar biodiesel, yang lebih ramah lingkungan. Pengembangan produk matik dilakukan, karena melihat potensi luar biasa pada pertumbuhan kendaraan matik hingga 30-40 persen per tahun, termasuk populasinya saat ini yang mencapai 60 persen.

“Untuk itu, Pertamina meluncurkan produk yang mampu menjawab dan memenuhi kebutuhan pasar,” jelasnya.

Menurut Khakim, kluster Cirebon termasuk dalam wilayah urban (kota), sehingga Pertamina fokus bersaing untuk produk highend (menengah ke atas). Sementara untuk penyerapan produk, Cirebon termasuk salah satu kluster andalan Pertamina dengan konsumen yang cukup loyal, dibanding beberapa kluster lain. Pertamina juga menyiapkan layanan usai launching melalui salesman yang bisa menghubungkan outlet dan Pertamina untuk pelayanan program, branding outlet hingga disability outlet.

Khakim mengaku, pihaknya tak memasang target muluk, hanya fokus menggaet 60 persen market kendaraan matik saat ini dari kompetitor. Terpenting, konsumen pun lebih loyal dan nyaman menggunakan produk Pertamina, termasuk tiga yang baru diluncurkan. “Setelah ini, kami gelar acara di Jakarta. Sebelumnya di Cimahi, Bandung, Sumedang, Tasikmalaya dan Cirebon,” pungkasnya. (tta/adv)