Polisi Kawal Ribuan Warga Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

3830
ZIARAH: Ribuan warga Desa Jungjang, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, dikawal polisi saat melakukan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati Cirebon. Foto: Cecep/radarcirebon.com

CIREBON – Ribuan warga Desa Jungjang Wetan, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, ziarah ke makam Sunan Gunung Jati, Senin (17/7). Karena menyertakan massa yang banyak, ziarah itu mendapat pengawalan anggota Polsek Arjawinangun.

Ziarah ke makam Sunan Gunung Jati merupakan kegiatan rutin tahunan masyarakat Desa Jungjang Wetan dalam rangka haul. Tujuannya, menjadikan masyarakat lebih mengenal sesepuh atau leluhur Cirebon. Selain itu, untuk mempererat dan menjalin tali silaturahim antarwarga.

“Ada kurang lebih 1.000 warga Desa Jungjang Wetan dengan menggunakan kendaraan 30 roda empat dan 300 unit roda dua. Acara diikuti tokoh dan sesepuh Desa Jungjang wetan. Sehingga harus dikawal anggota kami,” kata Kapolsek Arjawinangun, AKP Didi Suwardi.

Didi Suwardi menjelaskan, rangkaian kegiatan apa pun yang melibatkan orang banyak harus ada pengawalan polisi. Hal itu demi kelancaran dan kekondusifan.

“Tidak harus konvoi ini saja, semua kegiatan apa pun yang memang harus dilakulan pengawalan demi kekondusifan wilayah ya harus dikawal,” kata Didi. (cecep)