Ponpes Lirboyo Segera Hadir di Majalengka

PONPES-LIRBOYO-CABANG-MAJALENGKABATU PERTAMA: Bupati Karna Sobahi ikut meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Mariana sebagai lokasi awal pembangunan Ponpes Lirboyo Kediri Cabang Majalengka. FOTO: ONO CAHYONO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Rencana kehadiran Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Cabang Majalengka sepertinya bakal terwujud. Hal itu seiring mulai dibangunnya sarana ibadah pendukung yaitu pembangunan Masjid Mariani, Jumat (7/12).

Peletakan batu pertama pembangunan masjid yang berlokasi di Desa Tegal Aren, Kecamatan Ligung, itu dilakukan orang nomor satu di Kabupaten Majalengka, Karna Sobahi.

Ketua Pembangunan Ponpes Lirboyo Kediri Cabang Kabupaten Majalengka KH Ubaidillah Harits mengungkapkan, masjid yang akan dibangun tersebut nantinya berada dalam kawasan kompleks Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Cabang Kabupaten Majalengka. Lokasi itu, di atas tanah wakaf keluarga almarhum H Ahmad Samhudi dan almarhum Hj Raden Djamalian.

“Kehadiran pesantren di Kabupaten Majalengka utara, adalah dalam rangka membantu pemerintah untuk mencerdaskan masyarakat khususnya di bidang agama. Orang pintar seperti sarjana dan insinyur setiap tahun di wisuda, sehingga pemerintah tidak akan kekurangan stok untuk tenaga tersebut. Namun dalam hal mencetak para santri dan para kiai hal ini belum pernah dilakukan pemerintah,” paparnya.

Oleh karenanya, selaku alumni Ponpes Lirboyo Kediri, memiliki tugas akan membangun ponpes di Desa Tegalaren guna membantu pemerintah dalam mencetak generasi yang akan datang. Yaitu generasi para santri yang berakhlakul karimah.

Dalam membangun pesantren ini meskipun ada donatur, pihaknya masih terus membuka diri untuk masyarakat yang mau berinfak. Bahkan, dirinya meminta secara langsung kepada Bupati Karna agar tahun ini Pemkab Majalengka mengalokasikan anggaran untuk pelebaran akses jalan masuk menuju lokasi ponpes.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Majalengka Karna Sobahi langsung merespons aspirasi tersebut. Bupati berjanji siap mengalokasikan anggaran untuk pelebaran jalan.

“Saya panggil Camat Ligung Drs Yoyo dan Kepala Desa Tegalaren Endan Wibawa, agar segera mengurus administrasi terutama segera menyusun proposal. Silakan melobi kepada pemilik lahan yang akan dijadikan pelebaran jalan. Setelah itu langsung ajukan ke meja bupati,” tegasnya.

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Mariani di kompleks Ponpes Lirboyo Cabang Majalengka juga beberapa diwakili para keluarga pewakaf dan donatur turut meletakan batu pertama.

Hadir pada acara tersebut keluarga dari ahli waris yang mewakafkan tanah dan donatur utama dalam pembangunan Masjid Mariani. Juga tampak hadir ratusan alumni santri Ponpes Lirboyo, Muspika Ligung, para tokoh agama, kepala desa dan tokoh masyarakat. (ono)