Rangkaian TMMD, Sosialisasi Pengolahan Ikan dan Kartu Nelayan

529
Anggota TNI memberikan sosialisasi tentang kartu nelayan berasuransi guna memproteksi keselamat jiwa saat berlayar. Foto:Adun Sastra/Radar Indramayu

INDRAMAYU –  Komandan Distrik Militer (Kodim) 0616 bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Indramayu menggelar sosialisasi tentang pengolahan ikan dan pelayanan kartu nelayan di Aula Balaidesa Dadap, belum lama ini.

Kegiatan sosialisasi kali ini diikuti oleh 45 orang nelayan dan para pemilik kapal. Mereka tampak antusias untuk mengikuti acara. Sebagai pemateri sosialisasi adalah Suarto bersama sembilan pemateri dari DPK Kabupaten Indramayu.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian program  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 tahun 2017. Diharapkan bisa memberikan pengetahuan kepada mereka supaya lebih meningkatkan sumber daya manusia (SDM),” jelas Suarto kepada wartawan usai memberikan  materi.

Suarto menjelaskan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP) saat ini sedang menggulirkan program kartu nelayan berasuransi. DPK terus melakukan penyisiran untuk mendata para nelayan agar segera mendapatkan kartu nelayan tersebut.

“Saat ini DPK masih melakukan pendataan kepada para nelayan di seluruh Indramayu. Mereka yang sudah terdata akan segera dibuatkan kartunya,”jelasnya.

Adapun syarat penerima asuransi nelayan itu adalah pekerjaan atau mata pencariannya sebagai nelayan penuh, memiliki KK/KTP dan memiliki kartu nelayan.

Sedangkan jaminan asuransi kartu nelayan, kata dia, cukup membantu mereka dan besarnya asuransi itu disesuaikan dengan kondisi kecelakaan. “Yang jelas kartu nelayan ini akan memproteksi jiwa nelayan saat melaut,”katanya.

Pj Kuwu Desa Dadap Akhsin Yamin menjelaskan, kegiatan sosiisasi itu benar-benar bermanfaat bagi nelayan guna meningkatkan pengetahuan tentang pengolahan ikan yang baik dan benar.

Selain itu memberikan kemudahan dalam lembuatan kartu nelayan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada DKP dan Kodim 0616 Indramayu,” ungkapnya. (dun/adv)