Ratusan Instruktur Olahraga Pemula Dilatih Kemenpora

PELATIHAN INSTRUKTUR OLAHRAGAPELATIHAN: Ratusan instruktur pemula mengikuti pelatihan dasar bagi pelatih dan instruktur olahraga yang difasilitasi oleh LP3Or dan Kemenpora di Universitas Majalengka, akhir pekan lalu. Foto: Azis Muhtarom/Radar Majalengka

MAJALENGKA – Ratusan peserta mengikuti pelatihan pelatih dan instruktur olahraga tingkat pemula. Acara pelatihan digelar di Auditorium Universitas Majalengka akhir pekan lalu.

Acara itu merupakan salah satu program unggulan pelatihan 100.000 pelatih dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Tujuannya untuk memajukan dan meningkatkan prestasi olahraga nasional.

Agenda itu diprkarsai Lembaga pengembangan Pembinaan dan Prestasi Olahraga (LP3Or) bekerja sama dengan Kemenpora Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga melalui Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan.

Pelatihan yang diselenggarakan di Kabupaten Majalengka itu direspons baik oleh pelatih yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat, khususnya di Majalengka dan sekitarnya. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya peserta  yang mendaftarkan diri sebanyak 500 orang.

“Program ini bertujuan untuk memajukan olahraga dengan melakukan pembinaan serta peningkatan kualitas pelatih dan instruktur olahraga,” kata Yayan Rubaeni, salah satu pemateri tentang kebijakan pembinaan olahraga.

Menurutnya, pelatihan itu merupakan program Kemenpora yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan instruktur olahraga dengan menghasilkan 100.000 pelatih yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Majalengka yang baru pertama kalinya digelar tahun ini.

Yayan berharap dari kegiatan tersebut akan memotivasi para pelatih dan dapat meningkatkan kemampuannya untuk menciptakan atlet-atlet potensial. Sehingga diharapkan mampu menciptakan atlet berprestasi di masa yang akan datang sesuai dengan cabang olahraga yang ditekuninya masing-masing.

Ketua Penyelenggara, Yaya Sukarya memaparkan, agenda itu merupakan pelatihan bagi pelatih pemula yang pertama di Kabupaten Majalengka. Peserta cukup beruntung karena berkesempatan mendapatkan wawasan dari para pemateri yang mengisi kegiatan merupakan para praktisi dan akademisi yang berkompeten pada bidang keilmuan olahraga.

“LP3Or sebagai lembaga pengembangan pembudayaan dan prestasi olahraga sangat mengapresiasi dan mendukung dalam pengembangan dan pembinaan para pelaku olahraga, khususnya pelatih dan instruktur olahraga untuk menciptakan atlet potensial demi kemajuan prestasi olahraga masa depan,” tuturnya

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora atas kepercayaan yang telah diberikan kepada LP3Or sebagai penyelenggara kegiatan Pelatihan Pelatih dan Instruktur Tingkat Pemula. Serta kepada para pihak yang telah membantu terselenggaranya agenda tersebut, khususnya Prodi Pendidikan Jasmani dan Rekreasi Universitas Majalengka. (azs)