Rayakan Harjad Ke-535 Kabupaten Cirebon, Warga Panguragan Jalan Sehat

671
TARI TOPENG: Warga Kecamatan Panguragan merayakan Harjad ke-535 Kabupaten Cirebon dengan jalan sehat dan pentaskan kesenian tradisional, Minggu (2/4). Foto: Cecep/radarcirebon.com

CIREBON – Sejumlah kegiatan massal seperti jalan sehat dan pentas seni digelar warga bersama Muspika Panguragan, Minggu (2/4). Kegiatan massal itu dilakukan dalam rangka merayakan Hari Jadi ke-535 Kabupaten Cirebon.

Acara dimulai dengan jalan sehat mengelilingi empat desa di Kecamatan Panguragan. Mulai Desa Panguragan Kulon, Desa Panguragan Wetan, Desa Panguragan Lor, dan Desa Panguragan.

Meskipun mengelilingi empat desa, warga tampak antusias dan bersemangat. Karena selesai jalan sehat, panitia acara menyediakan door prize bagi warga yang beruntung.

Tidak hanya jalan sehat, kesenian juga ditampilkan. Tujuannya untuk melestarikan budaya Kabupaten Cirebon yang selama ini kurang diminati kalangan pemuda.

Ada juga lomba kebersihan, keindahan dan ketertiban (K3) antardesa di Kecamatan Panguragan. Penyelenggaraan lomba K3 dilakukan untuk menjadi modal awal untuk melaksanakan tugas kerja yang nyaman.

Selain itu, lomba K3 bagian dari edukasi kepada masyarakat luas dan pemerintah desa. Tujuannya, agar masyarakat selalu berperilaku bersih disiplin dan melestarikan keindahan lingkungan.

“Dalam lomba K3 ini, kami nilai dari mulai tanggal 15 Maret 2017. Sekarang (kemarin, red) adalah waktu pemberian hadiah. Lomba ini dimenangkan dua desa yakni juara pertama dimenangkan Gujeg dan juara kedua dimenangkan Lemahtamba,” tutur Camat Panguragan, Syafrudin. (cecep)