Rekam E-KTP, Disdukcapil Kota Cirebon Kejar Pemilih Pemula

E-KTP-PelajarPetugas disdukcapil menunjukkan hasil perekaman E-KTP pelajar yang siap cetak.FOTO:ABDULLAH/RADAR CIREBON

CIREBON-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi) melakukan upaya menjemput bola. Salah satunya dengan menerjunkan tim untuk perekaman kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) pelajar SMA Kota Cirebon.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cirebon Sanusi S Sos mengatakan, perekaman siswa SMA-SMK/MA  diprioritaskan untuk yang akan berusia 17 tahun saat pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Umum (Pemilu) April 2019 mendatang. “Kami datang ke sekolah, merekam data mereka. Ini untuk mempermudah perekaman juga,” ujar Sanusi, kepada Radar Cirebon.

Perekaman ini, kata dia, merupakan upaya meningkatkan partisipasi pemilih khususnya pemula. Berkaca pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cirebon, tingkat partisipasi mengalami peningkatan. Disdukcapil sendiri memang menggenjot upaya perekaman sebelum pilkada berjalan.

Tak sekadar melakukan perekaman, upaya pencetakan juga dilakukan untuk para pemilik E-KTP baru ini. Mantan Camat Kejaksan ini memberi contoh di salah stau SMA di kawasan perumnas. Petugas melakukan perekaman bulan Juli, kemudian pertengahan Agustus KTP untuk siswa sudah jadi. Pendistribusiannya bahkan dilakukan lewat sekolah untuk dibagikan kepada siswa.

“Kita berusaha meringankan beban kerja RT RW karena tidak perlu repot-repot mengurus e-KTP warganya, cukup di sekolah semuanya beres,” pungkasnya. (abd)