Reuni 212, Pidato Habib Rizieq Live dari Arab Saudi

Nasional

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dijadwalkan memberi ceramah saat Reuni Akbar 212 di Monumen Nasional pada Minggu, 2 Desember 2018. “Besok ada pidato Habib Rizieq. Insya Allah secara live,” kata Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama Yusuf Muhammad Martak kepada wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, 1 Desember 2018.

Jadwal itu sesuai dengan jadwal dan rangkaian acara yang telah beredar. Dalam rangkaian acara tersebut pesan dari Rizieq akan ada di pengujung acara sekitar Pukul 11.00, selama 25 menit, sebelum dilakukan doa penutup dan bubar.

Martak memastikan kembali agenda itu setelah menerima pesan singkat Rizieq dari posisinya saat ini di Arab Saudi. Rizieq berada di negeri itu sejak ditetapkan tersangka pornografi pada pertengahan 2017. Kasus kini telah ditutup tapi dia belum kembali.

Sebelumnya, melalui sambungan video Rizieq Shihab mengatakan Reuni Akbar 212 tak sekedar untuk bernostalgia, melainkan konsolidasi melawan kezaliman. Hal itu ia utarakan dalam video berdurasi lebih dari 6 menit yang diunggah dalam akun Front TV di Youtube pada Kamis, 29 November 2018 kemarin. “Menuju perubahan ke arah yang lebih baik, insha Allah,” ucapnya.

Dalam video itu Rizieq Shihab mengimbau agar umat Islam hadir dalam reuni 212 tersebut. Mulai dari ulama, pimpinan masjid dan pesantren, tokoh organisasi masyarakat, akademisi, dokter, pengusaha, hingga artis. (*)