Ribuan Pengunjung Pantai Tersengat Ubur-ubur

Internasional
blue-bottleUbur-ubur Bluebottle. Foto: Pixabay.com

AUSTRALIA – Angin yang sangat kuat mendorong koloni ubur-ubur dekat ke pantai. Alhasil, ubur-ubur bluebottle mengerumuni pantai di Queensland, Australia dan menyengat ribuan orang. Kondisi ini memaksa penutupan tempat-tempat berenang.

Surf Life Saving Queensland mengatakan, lebih dari 2.600 orang menerima perawatan pada akhir pekan. Sengatan bluebottle menyakitkan tetapi biasanya tidak mengancam jiwa.

Dilansir laman BBC, Sekitar 13.000 sengatan tercatat dalam seminggu terakhir, tiga kali lebih banyak dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Sebagian besar insiden terjadi di Gold Coast dan Sunshine Coast yang berpenduduk padat di Queensland.

Koloni ubur-ubur bluebottle tampak seperti kantong berwarna biru yang panjangnya mencapai 15 cm (6 inci). Orang bisa tersengat di air atau di atas pasir.

“Sengatannya biasanya ringan dan dapat diobati dengan es atau air panas, namun beberapa orang memerlukan perawatan oleh paramedis pada akhir pekan,” kata Surf Life Saving Queensland (SLSQ).

Dr Lisa-Ann Gershwin, pakar ubur-ubur dari Australian Marine Stinger Advisory Services, setuju bahwa pertemuan dalam jumlah seperti itu tidak biasa.

Dia mengatakan, gelombang dari angin kencang dan hawa panas membawa ubur-ubur bluebottle dan spesies lain lebih dekat ke pantai. Karena kondisi cuaca yang tidak biasa itu, jumlah ubur-ubur tidak abnormal.

Spesies ini paling sering ditemukan di laut yang lebih dalam. Tetapi dapat berpindah dengan mudah karena memiliki “layar” di punggungnya.

“Sebuah bluebottle memiliki layar yang mencuat sehingga angin mendorong mereka ke darat,” kata Dr Gershwin. (der/fin)