Ribuan Warga Kuningan Zikir Akbar di Pendopo

salawatanSALAWATAN: Masyarakat Kabupaten Kuningan mengikuti zikir akbar di Pendopo Pemkab Kuningan, Sabtu (5/1). Foto: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN – Ribuan masyarakat Kabupaten Kuningan mengikuti zikir akbar di lingkungan Pendopo Pemkab Kuningan, Sabtu (5/1). Hadir Bupati Acep Purnama, Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar, Kabid Pemasaran Area I Kemenpar RI, Wawan Gunawan, pimpinan SKPD, Kabag lingkup Setda, para ulama, serta tokoh agama dan masyarakat lainnya.

Kegiatan yang dikemas dengan Bedah Berkah Asysyakur Manaqib Kuningan Semakin Indah itu diisi pula dengan salawatan dam manaqiban. Taushiyah sendiri disampaikan Guru Mursyid TQN Suryalaya ke-38 Syekh Muhamad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Al Qodiri QS atau akrab disapa Abah Aos.

Antusias masyarakat sudah terlihat sejak sore hari sebelum acara dimulai, dengan diawali salat Maghrib dan Isya berjamaah dan dilanjutkan melakukan zikir bersama. Bedah Berkah Asysyakur Manaqib Pendopo Kuningan Semakin Indah ini merupakan program reguler dalam memenuhi instruksi bupati Kuningan.

Manaqib digelar setiap 3 bulan sekali, edisi pertama Manaqib ini sudah digulirkan sejak Oktober 2018 lalu. Program itu diawali TQN PP Suryalaya Sirnarasa Madrosah Asysyakur Kuningan Jabar, yang mengadakan Manaqib Tuan Syaikh Abdul Qadir Al Jailani QS.

Kabid Pemasaran Area I Kemenpar RI Wawan Gunawan saat menyampaikan sambutannya merasa salut dengan kekompakan masyarakat Kuningan. Dia melihat, kegiataan keagamaan mendapat porsi dan perhatian dari masyarakat serta pemerintah daerah.

“Masyarakat ini butuh penyegaran rohani, melalui wisata religi semua akan diperoleh. Semoga dengan sikap aktif masyarakat pada agenda religi seperti ini, tercipta tatanan sosio yang religius. Sebab kegiatan Manaqib ini memberikan ketenangan dan kedamaian,” katanya.

Menurut Wawan, wisata religi memang menjadi fenomena di Kuningan. Konsep ini ideal untuk pengembangan dakwah dan syiar agama di era modern.

“Selain menyajikan hiburan berkualitas, pengunjung juga mendapatkan banyak pencerahan. Konsep Manaqib sejatinya adalah majmaul-khoir atau berkumpulnya kebaikan. Ada banyak aktivitas yang dikembangkan khususnya silaturahmi dan beragam amalan,” ungkapnya.

Bupati Acep Purnama menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangganya atas digelarnya manaqib tersebut. Sebab kegiatan ini merupakan agenda kali kedua yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

“Kami meminta doa dan restu kepada jamaah yang hadir, selama saya menjadi bupati selalu diberikan kelancaran, kemudahan, dan keberkahan dalam mengemban tugas untuk mewujudkan visi dan misi Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa 2023,” pintanya.

Menanggapi bergulirnya agenda Bedah Berkah Asysyakur Manaqib Pendopo Kuningan Semakin Indah, apresiasi pun diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. “Membuka tahun 2019 dengan event religi sangat bagus bagi Kuningan. Semoga ada banyak berkah yang dilimpahkan di sana, lalu semua program mendatangkan banyak manfaat bagi umat,” sebut Menpar Arief. (ags)