Ridwan Kamil: Saya Tidak Akan Komentar Urusan Meikarta

Ridwan Kamil (Bandung.go.id)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, dirinya enggan berkomentar lagi soal kasus suap terkait perizinan Meikarta yang kini tengah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Saya akan berkomentar setelah urusan selesai di KPK,” kata dia di Bandung, Senin, 29 Oktober 2018.

Ridwan Kamil menegaskan dirinya enggan menanggapi lagi kasus Meikarta. “Saya gak akan komentar lagi urusan Meikarta. Mohon media jangan bertanya,” kata dia.

Dia khawatir komentarnya akan dipersepsikan berbeda. “Setiap statemen dari saya, akan ditafsir menjadi sesuatu yang berbeda,” kata Ridwan Kamil. “Niat apa, ditafsir apa.”

Sebelumnya, Ridwan Kamil berencana memanggil Pemerintah Kabupaten Bekasi dan pengembang Meikarta untuk meminta kejelasan tentang perkara perizinan. Ia mengatakan ingin mengetahui duduk perkara proyek tersebut.

Namun, KPK mengimbau Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak melakukan upaya untuk menghambat penanganan kasus suap Meikarta.

“Kami ingatkan agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang berisiko menghambat penanganan perkara yang sedang dilakukan oleh KPK. Karena, tidak tertutup kemungkinan pihak-pihak yang akan dipanggil tersebut juga merupakan saksi bagi KPK,” kata Juru bicara KPK, Febri Diansyah, Jumat, 26 Oktober 2018. (*)