Rio Comeback ke Lintasan

Rio-HaryantoRio Haryanto. Foto Instagram @rharyantoracing

SHANGHAI – Lama tak terdengar kabar, mantan pembalap Formula 1 Indonesia, Rio Haryanto kemarin memposting foto di Instagram yang menunjukkan dia masih belum jauh dari dunia balap. Pembalap asal Solo itu tampak sedang berada di Shanghai International Circuit, Tingkok.

Keberadaan Rio di Shanghai untuk menjajal mobil balap milik Audi yang berjenis R8 LMS GT4 dan A4 DTM R14 plus. Dalam foto yang diunggah, Rio tampak sedang berada di dalam kokpit sedang bersiap-siap untuk turun ke lintasan. “Bahagia bisa kembali menyetir,” ucapnya dalam caption foto tersebut.

Rio lantas juga mengunggah satu video pendek. Dia menunjukkan aksinya sedang turun di lintasan. Rio tampak mengemudikan mobil Audi berwarna abu-abu. “Kembali ke lintasan,” tulisnya lagi di caption foto itu seperti dilansir Motorsport.

Ini menjadi kali pertama Rio kembali menggeber mobil balap sejak Desember 2017. Saat itu dia berada di sirkuit Suzuka Jepang  untuk mengemudikan kendaraan tes Super Formula SF14.

Sebelumnya dia juga pernah mendapat undangan dari pendiri Formula E, Alejandro Agag. Rio lantas diberi kesempatan mencoba mobil Spark SRT_01E di Valencia. Itu dua bulan sebelum Rio tampil di Jepang.

Rio sampai saat ini adalah orang Indonesia pertama yang pernah tampil di ajang balap F1. Jika di Asia dia adalah penerus pembalap Jepang Kamui Kobayashi yang tampil kali terakhir di F1 pada musim 2014.

Rio sendiri tampil di F1 pada musim 2016 bersama Manor Racing. Meski kerap mendapat undangan menjajal mobil di lintasan, sampai saat ini Rio belum memutuskan untuk kembali tampil full mengikuti sebuah ajang balap.

Audi sendiri sudah lama ambil bagian di berbagai ajang GT. Saat ini juga ada dua pembalap Indonesia yang turun di balapan GT. Mereka adalah Andrew Haryanto dan Anderson Tanoto. Keduanya masing-masing turun di kelas GT3 dan GT4 Audi R8 LMS Cup Asia. (irr)