SDN Tersana 1 Juga Butuh Perbaikan; Atap Bocor, Lantai Masih Tanah

MEMPRIHATINKAN: Gedung SDN Tersana 1 Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, kondisinya masih berlantai tanah dan atap bocor. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Potret tidak memadainya sarana pendidikan di Kabupaten Indramayu kembali muncul. Kali ini, dari Kecamatan Sukagumiwang.

SDN Tersana 1 yang nampak kokoh dari luar, ternyata rusak cukup parah. Beberapa ruang kelas masih berlantaikan tanah ditambah kondisi atap yang bocor. Sehingga saat hujan, air masuk kelas

Kepala SDN Tersana I, Mabrur menjelaskan, semenjak memimpin sekolah itu sejak dua bulan lalu, kondisi beberapa ruang kelas sudah cukup memprihatinkan. Meskipun kondisi bangunan terlihat kokoh dari luar, namun kondisi ruang kelas di dalamnya sangat memprihatinkan.

Lantai kelas belum berkeramik, dan banyak genting yang pecah. Akibatnya, saat hujan deras, air menerobos masuk ke dalam kelas. Ruang kelas pun akhirnya dalamkondisi lembab.

“Karena saya juga baru di sini. Untuk saat ini saya lakukan pembenahan secara bertahap. Tapi baru lapangan agar bisa digunakan untuk upacara,” tuturnya.

(Baca: Gedung SDN Kalianyar 2 Rusak Parah, Tidak Layak untuk KBM)

Untuk perbaikan ruang kelas, Mabrur mengatakan sudah melaporkan ke data pokok pendiidkan (Dapodik) Kemendikbud. “Saya sudah laporkan apa saja yang perlu dibenahi dan diperbaiki seperti lantai, plafon, genting,” lanjutnya.

Dia pun berharap pengajuannya itu bisa segera ditindaklanjuti. Sehingga perbaikan bisa dilakukan dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar lebih nyaman. “Apalagi sekarang intensitas hujan semakin tinggi. Kasihan anak-anak,” ujarnya.

Sebelumnya, kondisi SDN Kalianyar 2, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu diketahui dalam kondisi yang memprihatinkan. Tembok kelas mengelupas, retak dan plafon bolong.

Sebagai penanganan sementara, pihak sekolah melakukan tambal sulam di ruang kelas yang mengalami kerusakan. Pengajuan bantuan lewat Dapodik sudah dilakukan, namun hingga kini belum ada perbaikan. (oni)

Content Protection by DMCA.com