Sejumlah Proyek 2018 Belum Rampung

jembatan-mangkrak (2)
MANGKRAK: Jembatan Pakubereum Kertajati, Kabupaten Majalengka dikerjakan memakai anggaran 2018 tapi hingga kini belum rampung. FOTO: ALMUARAS/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Sejumlah pekerjaan proyek anggaran tahun 2018 di Majalengka, hingga kini belum tuntas. Sehingga hasil pekerjaan proyek tersebut belum bisa diresmikan penggunaannya.

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan, pada November 2018 lalu telah meninjau pembangunan proyek  dan meminta pengusaha untuk bisa menyelesaikan pengerjaan proyek pada 31 Desember 2018 lalu. Tapi kenyataannya, hingga kini belum tuntas dengan berbagai alasan pengusaha.

“Ini akan menjadi catatan dan evaluasi Pemkab Majalengka dan pelelangan proyek akan dimulai Minggu ketiga Januari 2019 sehingga waktunya tidak mepet,” kata Bupati Karna saat menerima pengurus LSM Penjara Indonesia, kemarin.

Diungkapkan Karna, untuk menyelamatkan uang rakyat, pihaknya meminta Kajari untuk mengawal pekerjaan proyek dan dengan para pengusaha akan membuat pakta integritas.

“Bupati tidak mem-backup pengusaha yang kerjanya asal-asalan dan berharap ada sinergi antara pengusaha dan dinas serta meminta  jangan karena menawar murah saja pengusaha dimenangkan dalam pengerjaan proyeknya,” tandas mantan wabup dua periode ini.

Dia juga meminta Kadis BMCK ke depan untuk banyak turun ke lapangan meninjau proyek, sehingga hasilnya bisa maksimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Ahmad Suswanto membeberkan, soal pembangunan proyek Sentra Indiustri Kerajinan (Sikim) di kawasan Jalan Lingkar Utara Baribis Kecamatan Cigasong.  Dijelaskan Ahmad, pembangunan Sikim dari DAK APBN sebesar Rp 19 miliar telah rampung  dan baru digunakan setelah masa pemeliharaan selesai dan kini sudah ada 10 industri produk UKM yang menempati bangunan tersebut.

“Pembangunan tahap pertama sudah selesai dan akan berkelanjutan dengan tahap kedua dengan nilai proyek Rp26 miliar yang akan dibangun tahun ini,” beber Ahmad didampingi Kabid Wawan Kurniawan.

Ditambahkan Kabid Wawan, industri yang menempati gedung Sikim di antaranya produk industri kecil berupa jeans Cikijing, pakaian busana muslim dan batik . Data yang diperoleh Radar Majalengka, proyek 2018 yang mangkrak di antaranya Jembatan Pakubereum Kecamatan Kertajati dan Unit Rawat Jalan RSUD Majalengka. (ara)

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya