Senin Tiba di Tanah Air, PPIH Imbau Jangan Jemput Jamah Haji di Debarkasi

Keluarga Cukup Bawa Satu Mobil

haji-pswt
ILUSTRASI

CIREBON-Dijadwalkan, pada Senin (9/9) mendatang, Jamaah Haji asal Kota Cirebon yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 74 akan kembali ke tanah air. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kota Cirebon juga telah melakukan persiapan.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon Jajang Badruzaman mengungkapkan, untuk rencana kepulangan jamaah haji ke Indonesia, pihaknya telah melakukan rapat dengan beberapa pihak untuk mempersiapkan kepulangan jamaah haji. Diantaranya, dengan pihak Korem 063 Sunan Gunung Jati, Polres Cirebon Kota, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Jamaah Haji Kloter 74 dijadwalkan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Senin (9/4) pukul 01.00 WIB dini hari. Setelah itu, Jamaah menuju debarkasi Bekasi pada pukul 05.00 WIB. Setelah itu dari pihak PPIH Provinsi akan melakukan serah terima ke PPIH Kota Cirebon.”Baru setelah melaksanakan salat subuh, jamaah haji langsung pulang ke Cirebon,” jelasnya.

Rombongan Jamaah Haji diperkirakan sampah di Kota Cirebon, tepatnya di Korem yang menjadi titik penjemputan sekitar pukul 10.00 WIB. Jajang mengungkapkan, pada kepulangan Jamaah Haji kali ini, tidak ada acara seremonial apapun. Begitu jamaah haji datang bisa langsung di jemput oleh keluarganya masing masing. hanya saja, dirinya mengimbau agar keluarga jamaah haji tidak perlu menjemput di Debarkasi ataupun di perjalanan. “Untuk keluarga jamaah haji, diimbau tidak menjemput di debarkasi. Karena pasti tidak akan ketemu,” tegasnya.

Sementara itu, untuk yang menjemput di lapangan korem juga dirinya berharap satu orang jamaah haji tidak membawa lebih dari 1 mobil. Hal itu menurutnya untuk memeprmudah petugas dalam melaksanakan pemulangan jamaah haji. “Lebih baik, yang menjemput tidak usah banyak banyak. Cukup keluarga inti yang sebelumnya mendapatkan kupon untuk mengambil koper jamaah haji saja,” pungkasnya. (awr)

Berita Terkait