Sinergitas Lintas Sektor Pacu Pembangunan Daerah

penilaian sinergitas kecamatan (1)Ketua Tim Penilai Sinergitas Kecamatan Mulyono saat melakukan penilaian kinerja pemerintah Kecamatan Jatibarang, Jumat (12/10).FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU–Pemerintah Kabupaten Indramayu setiap tahun melakukan penilaian sinergitas pemerintah kecamatan. Penilaian berdampak positif sebagai evaluasi kinerja pemerintah kecamatan dalam menjalankan program-program pembangunan ke depan.

Selain itu dapat memacu soliditas lintas sektor yang ada di lingkungan pemerintah kecamatan baik di bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, dan perekonomian. Hal tersebut dikakatan Ketua Tim Penilai Sinergitas Kecamatan Mulyono saat melakukan penilaian bersama timnya di Kecamatan Jatibarang, Jumat (12/10).

Penilaian yang dilakukan timnya yang terdiri dari DPMD, Bapeda, Disdukcapil, meneliti satu per satu tentang kelebihan dan kekurangan pemerintah kecamatan. Melalui penilaian sinergitas itu, Pemkab Indramayu bisa melihat kineja camat menjalankan tugas pelayanan dan perencanakan pembangunan ke depan untuk masyarakat di wilayahnya.

Mulyono menyebutkan, dalam penilaian sinergitas kecamatan ada beberapa faktor yang dinilai. Di antaranya bagaiaman camat bisa berkoordinasi dengan sekmat, kasi-kasi, kuwu, serta UPT/ UPTD yang ada di wilayahnya. Kemudian terkait kepemimpinan lintas sektor dalam merencakan program-program pembangunan. Sehingga camat bersama stekholder dapat merencanakan program pembangunan ke depan.

Ya, mau dibawa ke mana arah masyarakat di kecamatan ini, dengan melakukan koordinasi yang baik antara camat, bersama UPT dan UPTD, dalam merencanakan program kesehatan, program pertanian, pendidikan, dan perekonimian,” tambahnya.

Camat Jatibarang Indra Mulayana mengatakan, penilaian sinergitas kecamatan yang setiap tahun diadakan Pemkab Indramayu, sangat memacu kinerja camat melaksanakan tugas dan fungsinya. Apalagi camat memiliki peranan yang penting dalam menunjang program-program pemkab.

Dalam pelaksanaannya, dibutuhkan koordinasi yang baik antar lintas sektoral mulai dari polsek, koramil, instansi pendidikan, pertanian, kesehatan. Termasuk dengan pemerintah desa dan ormas yang ada di wilayah kecamatan. “Penilaian ini bisa memacu kinerja kita, sebagai camat. Dan karena adanya penilaiannya, sinergitas kecamatan dapat memacu perkembangan dan kemajuan pembangunan daerah,” ujarnya. (oni)