SK Pelantikan Dewan Baru Belum Turun

ilmi-menjelang pelantikan ruang paripurna di percantik (2)
DIREHAB: Jelang pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024, ruang rapat paripurna dipercantik. FOTO: ILMI YANFAUNNAS/RADAR CIREBON

CIREBON– Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Cirebon terpilih 2019-2024 tinggal menghitung hari. Sayangnya, SK pelantikan 50 anggota DPRD hingga kini belum turun.

“Kemarin (Senin, red), kita ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat menanyakan SK pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD. Tapi, belum jadi,” kata Plt Sekretaris DPRD Kabupaten Cirebon, Asep Pamungkas SP MP kepada Radar Cirebon, kemarin (10/9).

Meski demikian, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar sesegera mungkin mengeluarkan SK. Sebab, waktu pelantikan tinggal menghitung hari. Menurutnya, persiapan pelantikan sendiri sudah 90 persen. Bahkan, seluruh undangan pelantikan sudah disebar.

Rencananya juga, kata Asep, hari Kamis (12/9) rapat dengan pihak keamanan, Polres, Kodim, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan. “Kami harap dalam pelaksanaan pelantikan anggota dewan, Senin, 16 September mendatang, tidak ada hambatan dan halangan,” terangnya.

Kaitan dengan gladi resik, sambung Asep, akan dilaksanakan hari Minggu (15/9)  pukul 15.00 sore. Namun, untuk calon pimpinan sementara belum ada laporan yang masuk ke sekretariat DPRD dari masing-masing partai pemenang yakni PKB dan PDIP.

“Kita sudah mengirimkan surat ke partai pengusung. Tapi, rekomnya belum ada. Harapan kami sih, rekom sudah masuk di hari Kamis (12/9),” tuturnya.

Dalam acara pelantikan nanti, lanjut Asep, akan ada penyerahan dari pimpinan lama ke pimpinan sementara.

“Akan ada ketua dan wakil sementara. Jadi, meskipun ada empat unsur pimpinan di DPRD Kabupaten Cirebon, tapi hanya dua yang akan memimpin rapat. Dari PKB sebagai partai pemenang Pemilu 2019, kemudian disusul PDI Perjuangan,” jelasnya.

Dia menambahkan, terlepas apakah nanti pimpinan sementara itu akan berlanjut menjadi pimpinan definitif atau tidak, semuanya tergantung dari internal partai politik masing-masing. “Yang jelas, mekanisme setelah pelantikan itu, akan ada pimpinan DPRD sementara,” pungkasnya.

Sementara itu, pantauan Radar Cirebon, ruang rapat paripurna DPRD mulai dipercantik. Sisi kanan, kiri, belakang serta atap ruang rapat dilakukan perbaikan. (sam)

Berita Terkait