Sopir Angkum Teladan Bakal Terima Penghargaan dari Dishub

Sopir Angkum Teladan Bakal Terima Penghargaan dari Dishub - Radar Cirebon

CIREBON-Pemerintah Kota Cirebon melalui Dinas Perhubungan kembali melaksanakan pemilihan awak angkutan umum atau Abdi Yasa Teladan tingkat Kota Cirebon. Kegiatan rutin tahunan ini merupakan upaya mendorong terciptanya angkutan umum yang selamat, aman, tertib dan nyaman.

“Ini sudah kedua kalinya. Akhir bulan ini kita laksanakan lagi,” ujar Kepala Bidang Angkutan Teknik Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Dikri Hopiana S Sos MSi kepada Radar Cirebon.

Tak hanya memilih pengemudi teladan, kegiatan ini menurut Dikri, juga untuk memberikan pembinaan dan pemahaman regulasi dan tata cara operasional angkutan umum yang baik dan benar berorientasi pada keselamatan. Di samping itu untuk meningkatkan profesionalisme disiplin keselamatan berlalu lintas.

Tak sekadar mampu mengemudikan kendaran, di era sekarang pengemudi angkutan umum juga diharapkan mempunyai kompetensi yang memadai. “Supaya sopir ini tidak dipandang sebelah mata lagi,” katanya.

Diharapkan pula awak angkutan memiliki perilaku yang baik saat mengemudikan kendaraan di jalan. Dalam kegiatan pemilihan supir teladan ini nantinya akan diadakan selama tiga hari di kantor dishub. Dalam tiga hari tersebut peserta yang setiap tahunnya terdiri dari kurang lebih 40 peserta akan mendapatkan materi terlebih dahulu. Setelah itu mereka akan mengikuti post test dan mid test. Baru seletah itu dipilih sopir teladan.

Nantinya pemilihan Abdi Yasa ini akan berjenjang hingga tertinggi akan diundang ke Istana Kepresidenan dalam acara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus. (apr)

 

Koran Radar Cirebon

Komentar Pembaca