Sudah Setahun Dibagikan, Kartu Tani Belum Bisa Digunakan

Kabupaten Indramayu
penerima-kartu-taniKARTU TANI: Petani kecamatan Jatibarang menunjukkan kartu tani yang dibagikan belum lama ini. Hingga saat ini belum ada tanda-tanda realisasi penggunaan kartu tani. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Kartu Tani (KT) sudah satu tahun diterima. Namun para petani di Indramayu yang menjadi penerima hingga saat ini belum merasakan manfaatnya. Janji kemudahan bantuan pupuk yang dijanjikan pun belum terealisasi.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Indramayu, Sutatang mengatakan, hingga saat ini masih menunggu realisasi dari kartu tani dari pemerintah. Hingga saat ini kartu tani yang diterimanya masih belum dirasakan manfaatnya mengingat seluruh kebijakan penggunaannya ada di tangan pemerintah.

Sebelumnya, kata dia, para petani yang ada didata penyuluh untuk kemudian diinput ke bank yang ditunjuk pemerintah sebagai penyalur kartu tani. “Namun ternyata di lapangan, pendataan kurang valid. Banyak petani yang punya lahan belum dapat kartu tani. Malah yang tidak punya lahan, dapat,” ujarnya.

Setelah didata dan mendapat kartu tani, petani diinformasikan akan mendapatkan kemudahan bantuan pupuk dan kredit usaha rakyat. Namun pada kenyataannya, hingga saat itu, kemudahan yang dijanjikan belum bisa direalisasikan.

“Kalau bisa secepatnya direalisasikan agar petani membeli pupuk sesuai HET. Karena sekarang meski mendapat bantuan pupuk, kadang harganya tinggi,” jelasnya.

Senada dikatakan tokoh petani Jatibarang, Ayi. Ia menyebutkan, realisasi kartu tani belum dirasakan manfaatnya oleh para petani.

“Kami masih menunggu, kapan bisa digunakan. Jangan sampai kartu tani yang sudah diterima malah hilang sebelum digunakan. Kadang petani suka lupa taruh, karena kelamaan nggak digunakan jadi hilang,” jelasnya. (oni)