oleh

Sultan Kasepuhan Optimis Target 2 juta Wisatawan ke Kota Cirebon Tercapai

-Kota Cirebon-7 views

CIREBON-Pemerintah Kota Cirebon mencanangkan target 2 juta wisatawan tahun ini. Peningkatan target lebih dari 100 persen dari tahun sebelumnya, diharapkan dapat disikapi positif. Terutama berupa upaya nyata dalam pembenahan sektor pariwisata.

Sultan Kasepuhan, PRA Arie Natadiningrat SE MM optimis target itu bisa terwujud. Hanya saja untuk mewujudkan ini semua perlu kerjasama berbagai pihak. Bagaimana menata wisata di Kota Cirebon.  “Saya optimis 2 juta wisatawan,” kata kepada Radar Cirebon.

Ia mendorong pemerintah menata manajemen. Pengelola pariwisata juga mesti melakukan hal serupa. Termasuk aset pariwisata di bawah pengelolaan Keraton Kasepuhan. SDM keraton dan Goa Sunyaragi, termasuk di Gunung Jati pelan-pelan akan ditingkatkan. “Bagi saya tiga tempat ini menjadi lokasi wisata utama. Yang lainnya menjadi pariwisata pendukung,” katanya.

Sultan mengaku saat ini sedang berupaya menata manajemen pemandu wisata, badan pengelola wisata dan keamanan. Apalagi dari waktu ke waktu tamu yang berkunjung ke Kota Cirebon khususnnya ke Keraton Kasepuhan semakin banyak. “Peningkatan terus terjadi, apalagi kalau hari kejepit nasional itu semakin ramai yang berkunjung,” tandasnya.

Mantan ketua KNPI Kota Cirebon ini juga mengapresiasi gelaran Cirebon Festivasl (C-Fest). Di mana salah satu acaranya adalah Sound of Sunyaragi. Menurutnya, ini menjadi langkah untuk menairk wisatawan datang ke Kota Cirebon.

Tidak hanya itu, Arief juga menyinggung tentang Agenda pariwisata Kota Cirebon yang saat ini sudah ada kalendernya. Tiap bulan akan ada kesenian. Di keraton dan Sunyaragi setiap Sabtu sore ada sekolah gratis tari tradisional. Mereka yang ikut sekolah tari gratis jumlah siswanya mencapai 200. Berbagai faktor ini diharapkan dapat mendukung pencapaian target yang dicanangkan pemerintah.   (abd)

News Feed