Sunjaya Setuju Provinsi Cirebon, WTC Jadi Kabupaten Cirebon Timur

Kabupaten Cirebon
Sunjaya-Purwadi-SastraBupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra.

CIREBON – Sudah lama tak terdengar lagi, tiba-tiba wacana Provinsi Cirebon muncul lagi. Ya, Bupati Sunjaya Purwadisastra menyatakan persetujuannya untuk berdirinya Provinsi Cirebon. Meskipun, konsekuensinya dia melepas wilayah timur Cirebon (WTC) menjadi Kabupaten Cirebon Timur.

“Nanti begitu moratorium (Moratorium Daerah Otonomi Baru, red) dicabut, maka Provinsi Cirebon akan menjadi prioritas pemerintah pusat,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Mantan perwira menengah TNI AD ini mengaku, mendukung penuh berdirinya Provinsi Cirebon, karena memang sudah layak terpisah dari Jawa Barat. Dengan begitu, maka pembangunan di Cirebon dan sekitarnya akan bisa semakin maju.

Bukan hanya dirinya saja, namun beberapa kepala daerah lainnya juga mendorong berdirinya Provinsi Cirebon. Kalau dirinya rela melepas WTC, maka Bupati Indramayu juga komitmen untuk melepas Indramayu Barat menjadi kabupaten tersendiri.

“Saya dan Bupati Indramayu Ibu Anna komitmen akan mendukung berdirinya Provinsi Cirebon. Karena sudah waktunya Cirebon berdiri sendiri,” tuturnya.

Sunjaya tidak mempermasalahkan Cirebon timur menjadi sebuah kabupaten tersendiri. Karena Cirebon timur juga sudah memadai. Selain memiliki RSUD Waled, Cirebon timur juga cukup berpotensi menjadi kabupaten tersendiri.

Namun dirinya belum mengetahui kapan akan dimulainya kembali proses berdirinya Provinsi Cirebon. “Insya Allah secepatnya. Begitu moratorium dicabut, langsung diproses. Mudah-mudahan bisa secepatnya berdiri Provinsi Cirebon,” ujarnya. (den)