Tahun Ajaran Baru, Murid SDN 1 Pasindangan Cuma 10 Siswa

1602
Tahun ajaran baru jumlah murid SDN 1 Pasindangan hanya 10 siswa. Tampak siswa bersiap pulang sekolah, Senin (17/7). Foto: Cecep/radarcirebon.com

CIREBON – Meskipun terletak di jalur pantura dan dekat ke arah Kota Cirebon, kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Pasindangan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon ini sangat memprihatinkan.

Selain hanya memiliki dua lokal kelas untuk siswa kelas 1 sampai 6, kondisi juga diperparah dengan sedikitnya jumlah murid kelas 1.

Di tahun ajaran baru ini, hanya 10 murid baru yang sekolah di SDN 1 Pasindangan. Padahal, satu rombongan belajar atau satu kelas rata-rata sekolah dasar ditargetkan 15 hingga 32 siswa.

“Seluruh siswa sekarang ada 84 siswa. Sedangkan untuk murid baru berjumlah 10 siswa. Sedikitnya peminat ini karena lokasi sekolah terletak di perbatasan antara kota dan kabupaten. Jadi banyak murid yang sekolahnya ke kota, mungkin karena gengsi,” kata Kepala Sekola SDN 1 Pasindangan Jahir, Senin (17/7).

Meskipun berjumlah 10 siswa, kata Jahir, namun jumlah tersebut lebih baik dari tahun 2015 yang lalu yang hanya mendapatkan 9 siswa dalam satu kelas.

“Paling sedikit itu kelas 3 mas, hanya 9 siswa. Sedangkan paling banyak itu kelas 4 yang mempunyai 18 siswa,” ungkap Jahir.

Dikatakan Jahir, dirinya padahal sudah melakukan beberapa upaya supaya putra daerahnya bersekolah di SDN 1 Pasindangan, seperti melakukan sosialisasi ke TK terdekat dan pendekatan ke kepala desa.

“Tetep mereka pada sekolah ke kota, mungkin karena gengsi dan ruangan juga terbatas,” katanya. (cecep)