Tahun Ini Menteri Susi Ikut UNBK Paket C, tapi Tak Hadir

315
Kartu ujian Paket C Menteri Susi. Foto: Istimewa

CIAMIS – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA tahun ini ada yang unik. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terdaftar sebagai peserta ujian paket C atau setara dengan SMA, tahun ajaran 2016/2017.

Ujian paket atau ujian kesetaraan merupakan salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah agar siswa bisa meraih jenjang yang lebih tinggi. Program ini menjadi jalan keluar bagi siswa yang putus sekolah karena alasan apa pun seperti alasan biaya atau faktor lainnya.

JawaPos.com (radarcirebon.com group) melansir, Susi terdaftar dan mendapatkan kartu peserta UNBK. Susi terdaftar sebagai siswa binaan Pusat Kegiatan Beajar Masyarakat (PKBM) Bina Pandu Mandiri, Ciamis. Di kartu peserta tersebut terlampir foto Susi, nomor ujian, tempat tanggal lahir, dan alamat.

Saat dikonfirmasi, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harris Iskandar membenarkan hal itu. Susi memang terdaftar sebagai peserta UNBK namun tidak hadir saat ujian.

“Info dari staf saya ibu Susi Pudjiastuti dipastikan tidak hadir dalam pelaksanaan UNBK di Kabupaten Ciamis,” kata Harris kepada JawaPos.com, Senin (17/4).

Harris menambahkan hal itu karena sesuai konfirmasi, Menteri Susi sudah meraih gelar Doktor (HC) yang dipersembahkan dari Universitas Diponegoro, Semarang. Gelar ini disetarakan dengan pendidikan formal.

“Sesuai konfirmasi dari Sespri beliau dan Prof. Dr. Ir. Erika Budiarti Laconi, MS, Ketua BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) bahwa gelar Doktor (HC) yang dipersembahkan dari Undil disetarakan dengan pendidikan formal,” ungkap Harris.

Ujian kesetaraan paket C digelar pada akhir pekan lalu (Sabtu dan Minggu). “Beliau memang sudah sejak lama terdaftar sebagai warga belajar di PKBM Bina Pandu Mandiri, Ciamis,” jelas Harris.

Sekedar diketahui, Susi Pudjiastuti dulu belum menyelesaikan pendidikannya di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), hanya sampai kelas 2 SMA. Namun Susi meraih sukses dalam bisnis pengolahan ikan dan memiliki perusahaan penerbangan pengangkut ikan sendiri hingga akhirnya diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. (cr1/JPG)