Tak Ada Rumah Sakit, Warga Sukagumiwang Pilih Berobat ke Cirebon

rumah-sakit-jeh
ILUSTRASI

INDRAMAYU-Warga di wilayah eks kawedanan Jatibarang sangat menantikan pembangunan rumah sakit. Pasalnya, selama ini warga harus menempuh perjalanan yang cukup lama untuk bisa menikmati layanan kesehatan di RSUD Indramayu. Untuk itu, beberapa warga akhirnya memilih untuk berobat ke Cirebon karena jarak tempuh lebih dekat.

Dikatakan salah seorang warga, Husni (47), kehadiran rumah sakit di wilayah Sukagumiwang sudah sangat dinantikan. Karena jika harus mendapatkan layanan kesehatan rawat inap, warga kerap kerepotan untuk menempuh jarak yang cukup jauh.

“Di Indramayu, rumah sakit ada di wilayah Indramayu. Untuk bisa ke sana menempuh waktu skeitar 1 jam. Akhirnya kami memilih berobat ke RSUD Arjawinangun yang jaraknya hanya sekitar setengah jam,” ujarnya.

Diakuinya, wilayah eks Kawedanan Jatibarang memang memiliki puskesmas. Namun, fasilitas yang dimiliki puskesmas tidak bisa menunjang kebutuhan warga jika harus mendapatkan perawatan inap.

Senada, warga lainnya, Setiyadi (43) juga sangat mengharapkan pemerintah membantun RSUD di wilayah Eks Kawedanan Jatibarang. “Yang daerah perbatasan seperti Sukagumiwang, Kertasemaya itu ke Kabupaten Cirebon. Sementara Tukdana ke Kabupaten Majalengka,” ujarnya.

Padahal, kata dia, akan lebih baik jika berobat di daerah sendiri. “Semoga saja bisa dibangun RS jadi kami di sini bisa mudah menjangkau rumah sakit,” ujarnya. (oni)

Content Protection by DMCA.com