Tanamkan Karakter Akhlakul Karimah Siswa lewat Pentas PAI

269
SEMANGAT: Kepala UPTD Pendidikan Sukra, H Patoni SPd saat membuka Pentas PAI di kampus SDN Sumuradem II, Sabtu (18/3). Foto:Kholil Ibrahim/ Radar Indramayu

INDRAMAYU  –  Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kecamatan Sukra menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI), Sabtu (18/3).

Berlangsung sehari penuh, kegiatan yang dipusatkan di kampus SDN Sumuradem II itu dibuka Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sukra, H Patoni SPd ditandai dengan pemukulan genjring.

“Kita berharap pentas ini dapat mewujudkan generasi muda berkarakter dan menumbuh-kembangkan minat, bakat, dan kreativitas di bidang keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam,” ujar Patoni saat memberikan sambutan.

Menurutnya, ajang Pentas PAI dapat mempererat persaudaraan muslim dan memberi motivasi pada peserta didik untuk mengamalkan ajaran Islam lewat kompetisi.

“Penanaman ajaran agama Islam penting dilaksanakan sejak usia dini. Melalui kegiatan ini pula bisa memberikan motivasi kepada peserta didik supaya lebih bersemangat mempelajari dan mencintai pelajaran Pendidikan Agama Islam membentuk siswa yang berakhlakul karimah,” terangnya.

Ketua Panitia, Mohamad Haris SPd menyebutkan, Pentas PAI diikuti 400 peserta dari 20 SD se-Kecamatan Sukra. Terdapat 7 cabang lomba yang dipertandingkan. Yaitu LCC, Pildacil, Khifdil Quran, MTQ, Kaligrafi, Kaifiyah Salat dan Rebana.

Event ini sekaligus pula sebagai seleksi calon duta untuk menghadapi Pentas PAI tingkat Kabupaten Indramayu.

“Pentas PAI ini dikemas dalam beragam ajang kompetisi siswa. Sehingga menjadi sarana aktualisasi diri bagi peserta didik dalam hal pendalaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam,” jelasnya. (kho)