‘The Beast’ Mobil Kepresidenan Amerika Serikat Setara Boeing 747?

‘The Beast’ Mobil Kepresidenan Amerika Serikat Setara Boeing 747? - Radar Cirebon

Pemerintah Amerika Serikat mendatangkan mobil Kepresidenan yang diberi nama The Beast ke Singapura. Seperti diberitakan media internasional, setibanya di Pangkalan Udara Paya Lebar Singapura pada Minggu (10/6) malam, mobil kepresidenan Amerika yang diberi nama ‘The Beast’ sudah bersiap di bawah tangga pesawat untuk menjemput President Donald Trump dan membawanya ke Hotel Shangri-La tempat penginapan delegasi Amerika Serikat.

The Beast yang telah dilengkapi berbagai perlengkapan keamanan. Berdasarkan informasi yang dihimpun radarcirebon.com terlihat dari akun Twitter milik Secret Service yakni pasukan pengaman presiden Amerika Serikat.

The Beast adalah Mobil buatan General Motors dengan nama resmi Cadillac One. Bobotnya sekitat 8 ton dan memiliki pintu dengan kualitas setara pintu Pesawat Boeing 747. Mobil ini dirancang untuk melindungi presiden dari kemungkinan serangan. Selain tahan peluru, mobil ini juga bisa bertahan dari serangan senjata kimia dan biologi. Pemerintah AS memiliki 12 “The Beast” yang ditempatkan di berbagai lokasi di dunia. Mobil ini akan diterbangkan ke mana saja saat presiden melakukan kunjungan kerja. Mobil berharga 15 juta dolar AS atau hampir Rp200 miliar ini tak ubahnya sebuah pangkalan militer bergerak. Mobil ini dilengkapi pelontar gas air mata, senjata otomatis, kamera malam beresolusi tinggi, peralatan navigasi GPS, dan perangkat komunikasi satelit.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta The Beast:

  1. Kaca jendela yang terdapat di The Beast punya ketebalan 5-6 inci. Namun ketebalan kaca berbeda di kursi pengemudi yang mana hanya berkisar 2,75 inci yang dirancang agar sang supir bisa berbicara dengan Secret Service tanpa beranjak dari balik kemudi. Kaca jendela The Beast juga tahan akan gempuran bom maupun terjangan peluru tajam .
  2. Pintu Cadillac One punya ketebalan 8 inci, lebih tebal 3 inci dari mobil kepresidenan era Bush. Salah satu yang paling menarik adalah bobot pintu ini sama beratnya dengan pintu kabin Boeing 757. Pintu ini juga dilapisi baja untuk menahan laju peluru.
  3. Mobil yang tergolong ke dalam limosin ini dikabarkan tak dapat ditembus oleh gempuran udara sekalipun. Fitur itu dibuat untuk mengantisipasi serangan gas kimia.
  4. Tak hanya The Beast, juru kemudi di balik setir merupakan agen CIA yang dilatih khusus untuk menghadapi situasi berkendara yang tak biasa. Sang supir juga dilengkapi dengan peralatan komunikasi canggih.
  5. Teroris yang mengincar tangki bahan bakar untuk meledakkan The Beast boleh gigit jari. Selain katup bahan bakar yang tak bisa ditembus peluru, ia dilengkapi pula dengan busa khusus yang mencegah ledakan ketika peluru dapat menembus masuk.
  6. Dengan membayangkan situasi yang terburuk, di dalam The Beast, Presiden Amerika Serikat dapat memperoleh berbagai peralatan pertahanan diri. Mulai dari kamera malam, shotgun, gas air mata, dan lainnya. Jika Presiden Amerika Serikat terluka, beberapa botol stok darah dan oksigen telah tersedia untuk sang presiden.
  7. Bagi para teroris, mengincar ban juga nampaknya sia-sia. Ban yang dilapisi Kevlar ini tak mempan diterjang peluru atau logam runcing. Kalaupun ban ini berhasil hancur, The Beast tetap bisa meluncur mulus dengan kecepatan tinggi hanya dengan velg.
  8. Alasan Cadillac One ini diberi sebutan The Beast alias “Monster” oleh agen Secret Service adalah sasis yang mendukung performa mobil ini sejatinya sasis truk yang diperkuat baja 5 inci. Dirancang demikian karena beban yang harus ditanggung The Beast tergolong besar.
  9. Kursi penumpang menjadi area eksklusif. Dengan kapasitas maksimal empat orang, kursi penumpang dilengkapi berbagai fitur seperti tombol panik, sinyal Wi-Fi, telepon satelit dengan akses langsung ke Pentagon dan wakil presiden.
  10. Satu bagian yang paling mengesankan dari The Beast adalah kekuatan eksterior yang mampu mematahkan segala jenis proyektil serangan mulai dari peluru, mortir, bom, hingga meriam. Bodi The Beast adalah hasil ramuan beberapa jenis logam sAeperti almunium, titanium, baja ganda, dan keramik. (wb)

Komentar Pembaca