Tiap Hari Disdukcapil Cetak 200 Kartu Identitas Anak

Kabupaten Cirebon
ILUSTRASI

CIREBON-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon setiap hari melakukan pencetakan 200 Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon Drs H Mochammad Syafrudin mengatakan, kesadaran orang tua untuk membuatkan KIA bagi anak-anaknya sudah cukup tinggi. Bahkan diketahui, sudah sekitar 30 ribu KIA dilakukan pencetakan. “Karena blangko KIA kewenangannya ada di kami, jadi tidak ada masalah dengan stok blangko. Tiap hari sekitar 200 KIA dicetak,” ungkap Syafrudin kepada Radar, Senin (7/1).

Sekadar diketahui, ada sejumlah TK atau SD di Kabupaten Cirebon yang mensyaratkan KIA untuk disertakan dalam pendaftaran murid baru. Namun, ujarnya, jangan sampai kewajiban untuk membuat KIA saat pendaftaran tersebut justru mempersulit murid.

“KIA ini sebetulnya inovasi dari Kemendagri untuk membuktikan bahwa anak juga berhak memiliki identitas melalui KIA ini. Saya lihat justru Kabupaten Cirebon merupakan salah satu daerah yang warganya sudah memiliki tingkat kesadaran yang tinggi untuk dibuatkan KIA ini,” jelasnya.

Hal ini terbukti dari makin meningkatnya grafik pembuatan KIA sejak diluncurkan delapan bulan yang lalu.

“Pembuatan KIA itu berdasarkan akte kelahiran. Setelah kita buatkan KIA, berturut-turut nanti ada KTP yang semuanya berbasis nomor induk kependudukan (NIK). NIK ini dimiliki satu warga satu. Jika semuanya berdasarkan NIK, maka seluruhnya bisa terpantau dengan jelas. Termasuk nantinya akte kematian harus menggunakan NIK tersebut,” tandasnya. (via)