Timnas Indonesia U-22, Tenang, Ada Strategi Khusus

230
Luis Milla - Pelatih Timnas Indonesia U-22
Luis Milla - Pelatih Timnas Indonesia U-22

JAKARTA – Uji coba perdana Timnas Indonesia U-22 melawan Myanmar bakal dihelat di Stadion Pakansari, besok (21/3). Sadar merupakan ujian perdana baginya, Luis Milla sudah menyiapkan strategi khusus.

Pelatih asal Spanyol itu menangani skuad Garuda –julukan Timnas Indonesia- sejak, Rabu lalu (8/3). Waktu proses pemilihan dan seleksi memang cukup singkat. Memantau permainan para penggawa muda di Piala Presiden dan seleksi tiga tahap selama sembilan hari, sudah cukup bagi eks pelatih Timnas Spanyol U-23 untuk memberikan hasil positif.

Setelah melakukan serangkaian seleksi dan pemusatan latihan terakhir, asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Bima Sakti mengatakan, anak asuhnya sudah siap tempur 100 persen untuk laga uji coba besok. Bermain di hadapan publik sendiri tentu motivasi tersendiri untuk tim.

Apalagi, kata dia, pelatih kepala (Luis Milla) sudah menyiapkan strategi khusus menghadapi permainan Myanmar di laga nanti,” katanya. Diakuinya, Myanmar merupakan tim yang mengandalkan kecepatan dan kekuatan fisik. Hanya saja, di balik itu semua tentu ada kelemahan.

Kelemahan itulah yang juga sudah diantisipasi pelatih yang menangani Real Zaragoza sebelum ke Indonesia. “Kita sudah siapkan strategi khusus,” jelasnya. Jelang laga perdana, para tokoh sepak bola yakin Hansamu Yama Pranata cs mampu mengatasi permainan Myanmar.

Tokoh sepak bola Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla menganggap, laga perdana melawan Myanmar ini memang akan menjadi penilaian atas program yang sudah diterapkan Luis Milla. Karena itu, dia mengajak publik untuk tetap sabar menunggu dan terus memberi motivasi bagi Milla.

Proses seleksi yang dilakukan tim pelatih timnas, diakuinya, sudah sangat baik. Pemain yang terpilih juga merupakan pemain-pemain terbaik. “Kita tahu Milla pernah membawa Spanyol juara Eropa, tetapi atmosfer di Asia berbeda. Laga uji coba melawan Myanmar selain bisa jadi tolok ukur salam proses latihan, juga bakal menjadi gairah meraih titel juara di kompetisi internasional selanjutnya,” jelas pria yang akrab disapa ADS.

Legenda PSM, Syamsudin Umar berpendapat sama. Pelatih yang pernah membawa PSM juara ini menilai uji coba sebagai momen penting meningkatkan prestasi timnas. Publik tentu tidak sabar melihat skema dan strategi yang diracik Luis Milla.

“Ini laga menarik. Hal ini menjadi awal kebangkitan timnas. Saya rasa ini komposisi tim terbaik. Harapan besar memang ada di pundak Luis Milla. Melawan Myanmar bukan perkara mudah. Apalagi melihat Myanmar yang menjadi peserta kualifikasi Piala Asia 2019. Kemenangan bisa mendongkrak prestasi timnas,” harapnya. (jpg)

Perkiraan Pemain Timnas Indonesia U-22 Melawan Myanmar Besok

Formasi: 4-4-2

Ravi Murdianto (pg); I Putu Gede, Hansamu Yama, Ryuji Utomo, Zalnando; Asnawi Mangualam, M Hargianto, Febri Hariyadi, Evan Dimas (c); Dendy Sulistyawan, Ahmad Nur Hardianto

BAGIKAN