oleh

Tingkatkan Minat Baca Siswa, K3S Sukra Gelar Bimtek Literasi B3

INDRAMAYU – Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Sukra bersama Pengawas Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Sukra menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Buku Bacaan Berjenjang (B3), beberapa waktu lalu.

Pada kegiatan yang diikuti ratusan guru kelas 1, 2 dan guru kelas 3 se-Kecamatan Sukra ini, menghadirkan 3 pemateri, yakni Pengawas SD Kecamatan Sukra, Suhyana, Ketua K3S Kecamatan Sukra, Syafe’i, serta Anna Mayta Sari.

Kegiatan dibuka Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan (KWKBP) Sukra, H Patoni SPd. Dijelaskannya, Bintek Literasi B3 merupakan sebuah metode yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa pada budaya membaca.

“Ini merupakan metode alternatif dalam proses pembelajaran di sekolah. Tujuannya adalah untuk membiasakan siswa peserta pada kebiasaan dan budaya membaca,” terangnya.

Ditambahkannya, budaya literasi di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan dengan negara-negara maju. Sehingga tak heran, wawasan serta cara berpikir siswa peserta didik di Indonesia juga masih di bawah negara-negara maju.

“Dengan metode ini, siswa peserta didik tidak akan merasa jenuh dalam melafalkan kata dan melancarkan bacaannya. Dan yang paling utama adalah mereka dapat memahami isi bacaan dengan baik,” imbuhnya.

Hal yang sama diungkapkan Pengawas SD Kecamatan Sukra, H Suhyana MSi. Bintek Literasi B3, sebutnya, menjadi sangat penting bagi perkembangan budaya literasi di Indonesia. Hal ini dirasa akan bisa menipiskan tingkat literasi bangsa Indonesia, dengan negara lainnya.

“Mengingat akan pentingnya hal ini, guru-guru yang telah dilatih diharapkan dapat mempraktekkan kembali metode B3 di sekolah masing-masing. Agar siswa terampil membaca dan pada akhirnya mampu meningkatkan budaya literasi di Indonesia,” tegasnya.

Ketua K3S Kecamatan Sukra selaku Ketua Pelaksana Bintek Literasi B3, H Syafe’i MSi menyebutkan, literasi B3 memiliki tiga metode. Diantaranya adalah membaca bersama, membaca pemahaman serta membaca mandiri. Dengan metode B3 diatas, siswa peserta didik diharapkan dapat lebih tertarik untuk membaca.

“Karena buku adalah gudang ilmu. Dan kuncinya adalah membaca. Maka dengan membaca, akan semakin terbuka cakrawala dunia yang terbentang sangat luas. Inilah tujuan akhir dari kegiatan Bintek Literasi B3 di Kecamatan Sukra tahun 2019,” pungkasnya. (cup)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed