Tour de Linggarjati Ditutup, Agung AS Kembali Juara Umum

Bupati Apresiasi Keikutsertaan Pembalap Kuningan

Para pembalap memacu kecpatan jelang masuk garis finish. FOTO: M TAUFIK/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Pembalap Jawa Barat dari KFC Cycling Team Agung Ali Sahbana untuk kali kedua mencatatkan diri sebagai juara umum lomba balap sepeda internasional Tour de Linggarjati 2017.

Tim juri menetapkan Agung sebagai juara umum dan berhak mengenakan yellow jersey atas raihan poin tertinggi selama tiga hari kegiatan Tour de Linggarjati (TdL) digelar. Agung yang meraih juara pertama pada nomor lomba Individual Road Race (IRR) dan juara tiga nomor Individual Time Trial (ITT) kategori Men Elite pun kembali naik podium bersama para juara yang lain untuk menerima hadiah dari Bupati Kuningan Acep Purnama berupa uang pembinaan, trofi dan piagam penghargaan pada acara penutupan TdL, Minggu (3/12).

“Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada Allah SWT dan KFC Cycling Team atas raihan juara ini. Pengalaman membanggakan bisa menjadi juara umum hingga dua kali di Tour de Linggarjati 2016 dan tahun ini, semoga tahun depan bisa ikut lagi,” kata Agung kepada sejumlah awak media usai menerima penghargaan.

Event balap sepeda internasional Tour de Linggarjati 2017 sukses digelar hingga menghasilkan juara umum Agung Ali Sahbana.

Sementara itu, hari terakhir Tour de Linggarjati menghadirkan lomba balap sepeda nomor Criterium dengan rute jalan utama kawasan kota Kuningan dengan garis start dan finis di Jalan Siliwangi depan Pendopo Kantor Bupati Kuningan. Ada enam kategori lomba Criterium yang digelar, yaitu untuk men dan women youth, men dan women junior serta men dan women elite yang jarak tempuh dibedakan berdasarkan jumlah lap.

Penyelenggaraan lomba sepeda nomor Criterium yang berbarengan dengan acara car free day praktis mendapat sambutan antusias penonton yang memadati sepanjang jalur yang dilewati pembalap. Terlebih saat giliran kategori men elite berlaga di mana pesertanya merupakan para atlet sepeda profesional yang biasa memacu sepeda dengan kecepatan tinggi membuat decak kagum para penonton.

Enam kategori lomba sepeda nomor Criterium yang digelar mulai pukul 08.00 WIB tersebut akhirnya selesai sekitar pukul 13.00 WIB. Hasilnya, tercatat juara pertama untuk kategori men elite diraih oleh Diwan Diar Pradana dari Ilufa Cycling Team, dan tiga kategori lomba diraih oleh pembalap asal Malaysia yang tergabung dalam Persatuan Lumba Basikal Terengganu yaitu kategori women elite diraih Nur Aisyah binti M Zubir, men junior diraih Wan Abdul Rahman bin Hamdani dan Ezzatie Fiyana S binti Shaiful H untuk kategori women junior. Sedangkan untuk juara kategori men dan women youth diraih oleh Angga Dwi Wahyu Prahesta dan Dewika Mulya Sofa dari Tim PPLP Jatim.

Bupati Kuningan Acep Purnama yang berkesempatan memberikan hadiah sekaligus menutup kegiatan Tour de Linggarjati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak mulai dari para atlet, panitia dan Kementerian Pariwisata serta para sponsor salah satunya Bank bjb atas partisipasinya sehingga kegiatan TdL yang ketiga ini berjalan sukses dan lancar. Dia pun berharap kegiatan Tour de Linggarjati akan terus digelar setiap tahun sebagai ajang promosi wisata Kabupaten Kuningan dengan situasi dan suasana yang lebih meriah lagi.

“Alhamdulillah kegiatan Tour de Linggarjati 2017 berjalan sukses sekalipun acaranya nyaris berbarengan dengan Tour de Siak. Saya mengapresiasi ternyata TdL ini mendapat sambutan positif dari Gubernur Jawa Barat yang akan menjadikan kegiatan ini sebagai agenda provinsi. Mudah-mudahan bisa terwujud, sehingga pada tahun yang akan datang bisa diikuti oleh atlet dari luar negeri tidak hanya Asia Tenggara, namun juga Eropa,” kata Acep.

Acep pun mengapresiasi atas keikutsertaan para pembalap lokal dari Kuningan ikut ambil bagian dalam setiap lomba. Sekalipun belum ada satupun yang meraih juara, namun Acep berharap, agar kegiatan ini menjadi pembelajaran untuk semakin giat berlatih dan bisa mengikuti event yang sama bahkan di tingkat lebih tinggi seperti Tour de Singkarak ataupun Tour de Siak.

“Jangan menyerah untuk tim dari Kuningan agar tetap semangat dan terus berlatih lebih giat, mudah-mudahan pada event TdL tahun depan bisa meraih juara. Jadikan kegiatan lomba kali ini sebagai pengalaman berharga untuk pembelajaran dan mendapat pengetahuan tentang trik-trik balap sepeda, untuk bisa ikut kejuaraan di tingkat lebih tinggi lagi,” ujar Acep diamini Ketua Panitia TdL 2017 Agus Sadeli.

Berbagai kemeriahan juga mewarnai penutupan event tahunan Tour de Linggarjati kemarin, di antaranya acara sepeda santai yang diikuti ribuan goweser dari berbagai daerah di wilayah III Cirebon termasuk Brebes, Ciamis dan Banjar yang memperebutkan doorprize menarik seperti kulkas, sepeda dan motor. Selain itu di Lapangan Pandapa Paramartha pun digelar pameran produk UKM khas Kabupaten Kuningan serta hiburan musik. (fik)