UBSI Cibitung Latih Masyarakat Pengolahan Sistem Database

UBSI
Sivitas Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Cibitung, Kabupaten Bekasi, menggelar pelatihan database bagi karyawan PT Bidar Putra Sukses selama dua hari, Sabtu-Minggu (23-24/7). Foo: istimewa

BEKASI – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Cibitung, Kabupaten Bekasi, menggelar pelatihan database bagi karyawan PT Bidar Putra Sukses selama dua hari, Sabtu-Minggu (23-24/7). Selama dua hari para karyawan dilatih terkait surat menyurat, laporan keuangan, dan penggunaan aplikasi database.

Zahra SPd MM, selaku dosen UBSI Cibitung menyebutkan, pelatihan itu merupakan pengabdian dan rutin setiap semester yang dilaksanakan sivitas UBSI Fakultas Teknologi Informasi bagi masyarakat. Kali ini, pelatihan yang digelar di PT Bidar Desa Burangkeng, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, mengusung tema “Pelatihan Database”.

Menurut Zahra, pengelolaan sistem keadministrasian dan database sebuah institusi sangat dibutuhkan. Terutama dalam manajemen data. “Ini nantinya dapat mempermudah dalam kegiatan sehari-hari untuk kegiatan keadministrasian, pemasaran, keuangan dan pelatihan kepegawaian,” ujarnya.

Selain itu, pelatihan database juga bertujuan sebagai sharing keilmuan bagi para pegawai yang dilatih. Sehingga diharapkan dalam kegiatan itu dapat meningkatkan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan informasi yang tersebar semakin cepat.

“Dalam hal ini informasi yang dimaksud merupakan data yang dalam penggunaan sehari-harinya membutuhkan pengolahan terlebih dahulu sebelum sampai kepada atasan dalam bentuk laporan atau informasi yang telah diolah untuk orang-orang yang membutuhkan,” terang Zahra.

Hari pertama kegiatan dibuka Ketua Pelaksana Feri Prasetyo H Mkom, dilanjutkan dengan pelatihan surat menyurat, laporan keuangan dan yang dipandu Zahra SPd MM. Sementara hari kedua adalah penggunaan aplikasi database yang dipandu Anus Wuryanto MKom dan Dewi Yuliandari MKom. (rls)

Berita Terkait