UN SMP Belum 100 Persen UNBK, Delapan Sekolah masih Berbasis Kertas dan Pensil

Ilustrasi UNBK. (dok radarcirebon.com)

CIREBON-Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP akan dilakukan pada tanggal 23-26 April 2019. Mata pelajaran yang akan diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Untuk pelaksanaan Ujian Nasional SMP di Kabupaten Cirebon, seperti tahun sebelumnya berbasis komputer atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

“Pelaksanaan UNBK SMP di Kabupaten Cirebon pada tahun 2019 belum 100 persen atau 95.90 persen. Sebab masih ada 8 sekolah yang melaksanakan UNKP. Untuk penyelenggara UNBK SMP ada 119 sekolah mandiri dan 68 sekolah lain yang gabung,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan SMP pada Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Dr H Mashuri MPd kepada Radar Cirebon.

Menurutnya, dengan sistem UNBK, integritas kejujuran siswa juga diharapkan bisa terbangun. Selain itu, pihaknya juga menjamin soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2019 tidak akan bocor. Sebab, soal baru dibuka menjelang pelaksanaan UNBK.

“Soal UNBK tidak akan bocor. Lagi pula, setiap siswa memiliki token sendiri untuk membukanya. Jadi, soal ujiannya juga berbeda. Mudah-mudahan tahun berikutnya semua SMP di Kabupaten Cirebon 100 persen bisa melaksanakan UNBK. Meski ada sekolah yang masih sharing komputer dengan tingkat SMA,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Cirebon, Aceng Sudaman mengimbau kepada sekolah yang sudah siap, seyogyanya menggunakan komputer. Agar nilai akreditasi, kepuasan publik dan kejujuran bisa meningkat.

“Kalau belum siap jangan dipaksakan. Karena kan harus ditunjang sarana dan prasarana, juga harus diperhatikan mental, psikologis anak, sehingga jangan dipaksa,” katanya. (via)

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya