Ungkap Nilai Kontrak CSI Rp2 Triliun,Kejari Sumber Masih Menunggu Kerja Tim Penilai Aset

Insiden 24 jam
Logo CSI.

CIREBON-Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumber menyebut nilai kontrak CSI (Cakrabuana Sukses Indonesia) pada nasabah Rp2.162.737.494.000. Saat ini Kejari Sumber tengah menunggu tim appraisal (penilai aset) untuk menghitung nilai pada 60 objek bidang tanah milik CSI yang akan dilelang guna mengembalikan dana para nasabah.

Kasi Pidsus Kejari Sumber Yusuf Luqita Danawihardja SH mengatakan CSI mempunyai 21.878 kontrak dengan para nasabah. “Update terakhir penanganan perkara CSI, per hari ini (Kamis, red) kita menerima data dari tim verifikasi dan validasi CSI sejumlah 21.879 kontrak dengan nominal nilainya sekitar Rp2.162.737.494.000,” ujarnya.

Namun, lanjut Yusuf, masih banyak nasabah yang kembali mengadu dan melaporkan kontrak CSI kepada Tim Crisis Center CSI di Kejari Sumber. “Dan dari data crisis center atau pusat informasi yang berada di kami, sudah ada masyarakat yang mengadukan dan melaporkan kontrak sejumlah 815 orang dengan nilai nominal Rp75 miliar,” tuturnya.

Saat ini pihaknya tengah menunggu tim appraisal yang tengah menghitung dan menaksir nilai objek tanah aset CSI. “Dari berkas yang kita terima, kita sudah melakukan verifikasi dari barang bukti yang kita pegang. Jadi uang sejumlah Rp25 miliar di rekening giro dan sekitar 60 objek bidang tanah yang sedang kita ajukan ke tim appraisal untuk ditaksir harganya. Nanti kalau sudah dapat dari tim appraisal (nominalnya) kita lelang. Hasilnya kita bagikan secara proposional ke nasabah-nasabah,” ungkapnya.

Ia meminta masyarakat yang merupakan nasaba CSI dan belum melapor, untuk segera datang ke Crisis Center CSI di Kejari Sumber. “Kami juga imbau kepada masyarakat untuk tidak mudah tergiur dengan tawaran-tawaran dari pihak-pihak yang menawarkan keuntungan yang lebih,” tutupnya. (den)