Unik, Pisang Bertandan Panjang, Jumlah Buahnya Seribu Lebih

Kabupaten Cirebon
dri---pisang-berbuah-seribu-(10)Tandan pisang milik Sunarto di Desa Losari Kidul, terus memanjang. Bahkan sampai saat ini panjang tandan tersebut sudah mencapai sekitar dua meter.FOTO:ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON-Sunarto (55) tak pernah menyangka jika pohon pisang miliknya yang sudah berbuah sejak dua bulan lalu, kini menjadi pusat perhatian warga. Masyarakat Blok Karangsari, Desa Losari Kidul tersebut, kini setiap harinya punya kesibukan baru, yakni melayani warga yang datang melihat buah dari pohon pisangnya yang tumbuh tak biasa.

Sepintas, tak ada yang aneh dari rumpun pohon pisang milik Sunarto itu. Kondisinya sama persis dengan pohon pisang lainnya. Yang membuat beda hanya pada bagian tandan pisangnya saja. Jika pisang biasa mempunyai panjang tandang paling panjang sekitar 50 cm sampai maksimal satu meter, tandan pisang milik Sunarto justru sangat panjang sampai menjuntai menyentuh tanah.

“Kemarin tandannya sudah menyentuh tanah. Karena saya yakin bisa tumbuh lebih panjang lagi, makanya tanah yang berada persis di bawah tandan pisang saya lubangi. Saya biarkan jantungnya masuk ke dalam tanah,” ujarnya.

Menurut Sunarto, jenis pisang yang ia tanam tersebut adalah jenis Rajasewu. Umumnya, pisang tersebut memang berbuah banyak. Namun untuk kondisi tandan pisang seperti saat ini, hal tersebut baru dia alami sendiri.

“Saya memang pernah lihat di berita ada tandan pisang yang bahkan lebih dari dua meter. Tapi melihat langsung dan punya itu ya baru pertama kali. Ini pisangnya alami. Tidak saya kasih obat dan tidak diperlakukan khusus,” imbuhnya.

Jika dihitung, jumlah buah pada tandan pisang tersebut mencapai sekitar seribu buah. Jumlah tersebut diyakini terus bertambah seiring tandan pisang yang terus tumbuh. Sunarto pun berjanji tidak akan menjual pisang tersebut.

Bahkan, beberapa tetangga sempat menyarankannya untuk membungkus pisang tersebut dengan kain mori, namun ditolaknya. Ia tidak ingin, ada pihak-pihak yang mengaitkan pohon pisangnya dengan hal-hal berbau mistis dan tidak masuk akal.

Dia pun berencana akan membagikan buah pisang tersebut kepada tetangga dan keluarganya. “Ini masih tumbuh terus. Kalau nanti sudah pada matang, saya tidak akan jual. Saya sudah niat nanti mau bagi ke tetangga dan saudara. Yang beli berapapun tidak akan saya jual,” jelasnya.

Sementara itu, Dedi salah satu warga yang saat itu melihat langsung pohon pisang bertandan panjang tersebut, mengaku awalnya mengetahui dari media sosial facebook terkait keberadaan pohon pisang tersebut.

Ia yang penasaran, akhirnya memutuskan untuk datang sendiri dan langsung mengabadikannya dengan kamera ponsel terkait keberadaan pohon pisang tersebut. “Aneh juga, saya baru lihat pisang seperti ini. Tadi juga sudah pesan sama yang punya, kalau nanti matang saya minta satu buahnya. Pengen tahu rasanya sama atau tidak sama dengan pisang yang biasa,” ungkapnya. (dri)