Usai Kepergian Ronaldo, Pilihan Madrid Antara Lewy, Hazard, atau Neymar

REAL-MADRID-PIXABAYIlustrasi. Foto: Pixabay.com

MADRID – Kepergian Cristiano Ronaldo meninggalkan lubang besar buat Real Madrid. Kontribusi 44 gol Ronaldo musim lalu akan sulit dikejar siapa pun yang ada di Real musim ini. Nama Gareth Bale dengan 21 gol menjadi pemain ‘terdekat’ dengan Ronaldo untuk urusan mencetak gol.

Marca kemarin (11/7) menulis, hengkangnya Ronaldo ini akan memberi efek domino di bursa transfer. Versi Marca, ada tiga kandidat utama sebagai pengganti pemain 33 tahun itu untuk lini depan Real.

Pertama adalah playmaker Belgia dan Chelsea, Eden Hazard. Sejak dua musim terakhir, kedatangan pemain 27 tahun itu memang santer diberitakan. Dengan uang hasil penjualan Ronaldo, peluang Real untuk menebus Hazard dari Chelsea sangat besar.

Nama kedua adalah Robert Lewandowski. Meski der trainer anyar Bayern Muenchen Niko Kovac bersikeras kalau Lewy tak dijual, tapi seandainya harga yang ditawarkan Real cocok, apapun bisa terjadi.

Yang ketiga adalah Neymar. Kasak-kusuk di internal Los Merengues menyebutkan, Ronaldo memutuskan hengkang karena manajemen Real terus bergerilya untuk mendapatkan bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu.

Di luar tiga nama tersebut, masih ada top scorer sementara Piala Dunia 2018 Harry Kane yang masuk daftar incaran. Akan tetapi, melihat Kane yang nyaman dengan Tottenham Hotspur serta bertahannya pelatih Mauricio Pochettino, kans buat pergi Kane sangat kecil.

Menurut analisis pundit ESPN, Gabriele Marcotti kemarin, Real mendapat ujian terbesar dalam satu dekade terakhir. Kurang dari 40 hari setelah pelatih dengan tiga gelar Liga Champions Zinedine Zidane pergi, menyusul kemudian sang bintang Ronaldo.

Marcotti membeberkan, ada keuntungan dari kepergian Ronaldo musim panas ini. Keuntungan pertama adalah entrenador Real Julen Lopetegui sedang membangun sendiri skuadnya. Tidak lagi dalam bayang-bayang kesuksesan Zidane, juga Ronaldo.

Yang kedua, adalah peremajaan skuad. Beberapa nama pemain muda yang sering dikorbankan karena mengakomodir Ronaldo seperti Marco Asensio, Dani Ceballos, ataupun Borja Mayoral, siap jadi starter.

Sementara itu, semua media Spanyol kemarin (11/7) ‘menjerit’ karena kepergian peraih lima Ballon d’Or tersebut. Ditinggal Ronaldo, La Liga otomatis hanya memiliki Lionel Messi sebagai bintang tunggal.

Presiden La Liga, Javier Tebas kepada Marca kemarin mengatakan akan berjuang mati-matian agar pamor La Liga tetap besar walau tanpa Ronaldo. “Seperti Real Madrid yang lebih besar dari Ronaldo, maka La Liga pun jauh lebih besar ketimbang sekadar menangisi Ronaldo,” kata Tebas. (dra)