Video Dahsyatnya Topan Mangkhut Hongkong

Lintas Berita

Siklon tropis Mangkhut menghantam Hongkong, Minggu (16/9/18).

Observatorium memberikan sinyal 10 pukul 9.40 pagi, dua jam setelah sinyal 9 dengan angin kecepatan rata-rata 118 km per jam atau lebih dari yang dibayangkan.

Ilmuwan senior Lee Tsz-cheung yang bertugas mengatakan bahwa sinyal T10 berlaku beberapa jam.

Selain itu peringatan hujan badai juga diberikan.

“Menurut prakiraan kami saat ini, air di pelabuhan Victoria akan naik sekitar 3,5 meter di atas permukaan laut, menurut data grafik sore ini,” ujar Lee yang radarcirebon.com lansir dari Coconut.co.

Selain itu, observatorium juga mempertingatkan bahwa ketinggian air naik sekitar empat meter dari biasanya di Tai O, Lantau.

Lee kemudian mengimbau agar masyarakat tetap di rumah selama angin kencang, hujan lebat, dan badai yang dahsyat.

Tidak hanya itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak mendekati garis pantai.

Para ahli menyebut bahwa itu adalah badai terdahsyat di bumi dalam dekade ini.

Di media sosial, sejumlah video badai beredar luas.

Kerusakan tidak dapat dihindari dari siklon tropis Mangkhut ini.

Seorang warga dari Sau Mau Ping mengunggah video atap rumah porak poranda diterjang angin.

Sementara itu, seorang Facebooker yang merupakan penduduk Tai Kok Tsui juga membagikan video apartemen yang sedang dibangun roboh diterpa siklon tropis Mangkhut.

Sebuah koran memberitakan bahwa Yau yang tinggal di Metro Harbor View mengaku takut ketika melihat dinding rumah yang ditumbuhi pohon di atasnya jatuh akibat terjangan angin yang dahsyat.

Siklon tropis Mangkhut juga memecahkan kaca jendela Hotel Harbour Grand Kowloon di Whampoa.

Tidak hanya itu, barang-barang juga berserakan.

Di media sosial, tagar #TyphoonMangkhut ramai dibicarakan di Twitter.

Sebelumnya, topan Mangkhut menghantam Filipina bagian utara dan menyebabkan 30 orang tewas.

Sejumlah penerbangan menuju Filipina dan Hongkong dibatalkan. Maskapai nasional Garuda Indonesia telah membatalkan penerbangan ke Hongkong pada tanggal 15 hingga 16 September 2018.

Pembatalan penerbangan dari dan ke Hongkong ini dilakukan karena adanya peringatan dari otoritas bandara Hongkong terkait potensi serangan Topan Mangkhut.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Hengki Heriandono mengatakan seluruh penumpang Garuda Indonesia yang terdampak pembatalan bisa merubah jadwal penerbangan.

“Dengan situasi force majeure ini, maka seluruh penumpang Garuda Indonesia terdampak pembatalan jadwal penerbangan Garuda Indonesia dari dan ke Hongkong tersebut dapat melakukan reschedule jadwal penerbangannya,” kata Hengki dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/9/2018).

Para penumpang dapat memastikan jadwal penerbangannya melalui call center Garuda Indonesia di nomor 021-23519999 dan 08041807807.

(*)