Viral Video Gus Miftah Dakwah di Klub Malam

Gus Miftah (Instagram @gusmiftah)

Sebuah video tentang lantunan sholawat tengah viral di media sosial. Video tersebut membuat seseorang yang mengajak melantunkan sholawat di tempat yang berbeda, klub malam.

Tentu banyak yang memahami kelab malam identik dengan kesan negatif. Apalagi, banyak minuman beralkohol serta wanita berpenampilan minim terlihat di sana.

Rupanya, orang yang mengajak para pengunjung kelab malam itu adalah Miftah Maulana Habiburrohman.

Pria yang akrab disapa Gus Miftah yang juga pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji Tundan Jogja ini, memang kerap berdakwah di tempat-tempat ‘merah’ seperti lokasi prostitusi maupun diskotek.

Gus Miftah menunggah rekaman video sholawat itu di akun Instagramnya, @gusmiftah.

Pada kolom status, Gus Miftah membubuhkan keterangan video tersebut diambil di Bosche VVIP Club Bali pada 6 September 2018.

“Dunia beserta isinya diciptakan Allah karena nur (cahaya) Muhammad, kalau mau dapat dunia seisinya banyaklah bersholawat kepada Sayyidina Muhammad. Suasana sholawat di #boshebali #boshevvipclubbali #boshekaraoke,” tulis Gus Miftah.

Dia juga mengingatkan setiap orang punya kelebihan kelemahan. Menurut dia, orang baik pernah berbuat jelek dan orang jelek juga pernah berbuat baik.

“Jangan pernah hakimi mereka, tapi mohon doakan mereka,” kata dia.

Unggahan Gus Miftah tentu menuai polemik. Banyak yang menentang dan menyatakan sholawat tersebut tidak pantas dilantunkan di kelab malam, namun tidak sedikit pula yang mendukung dakwah Gus Miftah.

Hal ini menarik perhatian Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini menyatakan sholawat merupakan doa yang bisa dipanjatkan di mana saja.

“Sholawat itu doa dan ibadah sekaligus, sholawat itu jalan tol menuju terkabulnya doa, paling mudah dan ringan dilaksanakan tanpa harus berwudhu, tidak harus menghadap kiblat, kapan pun dalam kondisi apa pun bisa dan boleh membaca sholawat. Allahumma sholly ‘ala sayyidina Muhammad,” tulis Cak Imin di akun Twitternya, @cakimiNow.

Selain itu, Cak Imin juga mendukung cara dakwah Gus Miftah. Menurut dia, langkah Gus Miftah dengan berdakwah di kelab malam sudah tepat.

“Boleh dan tepat, justru di tempat seperti ini [kelab malam] sering-sering aja diajak sholawat supaya selamat dan husnul khotimah; yang awal dianggap tidak baik tetapi bisa berakhir dengan sangat baik, siapa Gus Miftah yang hebat itu ya?” tulis Cak Imin.