Volunteer Cirebon Aksi Peduli Masjid

Anggota DDV Cirebon saat melaksanakan aksi peduli masjid, belum lama ini. FOTO:APRIDISTA SITI RAMDHANI/RADAR CIREBONAnggota DDV Cirebon saat melaksanakan aksi peduli masjid, belum lama ini.FOTO:APRIDISTA SITI RAMDHANI/RADAR CIREBON

CIREBONIngsun titip tajug lan fakir miskin, merupakan kalimat yang sarat makna yang diwasiatkan Sunan Gunung Jati. Maksud dari wasiat tersebut adalah sepeninggalannya sebagai generasi berikutnya untuk tidak melupakan masjid dan fakir miskin.

Berangkat dari pesan tersebut, bertepatan dengan hari Relawan Sedunia, Volunteer Cirebon yang tergabung dalam Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Cirebon menggelar aksi peduli masjid dan yatim. Kepala Kantor Layanan Program Dompet Dhuafa Cirebon Iid Musbahuddin Nafis menuturkan, masjid merupakan rumah Allah SWT, oleh karena itu Sunan Gunung Jati menginginkan memakmurkan masjid.

Masjid di zaman kejayaan Islam selain menjadi tempat beribadah berfungsi sebagai pusat pendidikan, pemerintahan serta berkaitan dengan ekonomi. Banyak pengajaran ilmu agama maupun ilmu dunia dan tak luput hubungan antar sesama. “Makannya selain menitipkan masjid, beliau mengingatkan juga kepada fakir miskin,” tutur Iid.

Dalam memperingati hari relawan sedunia, DDV mengadakan aksi kepedulian di Masjid Sirotol Mustaqim, Jasamarga Pali Kanci, Cirebon. Aksi ini mengambil momentum diperingatinya Hari Volunteer Sedunia. Dalam aksi tersebut, DDV Cirebon mengajak masyarakat Cirebon untuk peduli masjid dan fakir miskin. “Harapannya masyarakat bisa semakin peduli dengan tempat sekitar, terutama masjid dan yatim piatu yang masih butuh uluran tangan kita,” ungkapnya.

Sebanyak 15 anak yatim hadir dalam santunan tersebut. Mereka penduduk sekitar Masjid Sirotol Mustaqim. Aksi pun  dilanjutkan dengan bebersih masjid, baik di dalam maupun luar masjid. Momentum Hari Relawan Sedunia juga membuka aksi #CleanCharity yang digagas oleh relawan yang tergabung dalam DDV Cirebon. “Ke depan kita akan ada aksi sejenis sebagai bentuk tanggung jawab kita kepasa masyarakat. Ini hanya permulaan, harapannya kedepan bisa banyak kolaborasi dengan berbagai pihak,” pungkasnya. (apr)