Waduh, Angka Hipertensi Tertinggi di Kampung Kesunean

0-OK-apr-Senam-Jantung-Sehat-UPT-Kesunean-(4)Warga RW 05 Kesunean mengikuti Senam Jantung Sehat dalam rangka Gebyar PTM, Rabu (7/11).FOTO:APRIDISTA SITI RAMDHANI/RADAR CIREBON

CIREBON-Serangan jantung dapat menyerang siapa saja. Tidak pandang usia dan jenis kelamin. Padahal, penyakit ini bisa diketahui lebih awal. Bila masyarakat rutin memeriksa tekanan darah. Koordinator PTM UPT Puskesmas Kesunean Cirebon dr Kanthy Dian Damayanti mengatakan, tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu pemicu serangan jantung mendadak. Penyakit Tidak Menular ini cukup banyak diderita masyarakat, khususnya lansia di Kampung Kesunean, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk.

Untuk itu, UPT Puskesmas Kesunean bersama Klinik Jantung Sehat mengadakan Gebyar PTM untuk menyosialisasikan faktor risiko ini. “Di sini juga ada pemeriksaan fisik juga seperti gula darah dan kolestrol,” ujar Kanthy.

Dalam gebyar PTM dilaksanakan Senam Prolanis atau jantung sehat. Dengan menggandeng Klinik Jantung Sehat dan Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Cirebon. Kemudian memberikan penyuluhan mengenai PTM diabetes militus.

Kegiatan ini akan digelar di sembilan RW di Kelurahan Kasepuhan. Perdana dilaksanakan di RW 05 Kesunean. “Pemilihan lokasi ini karena hipertensi di Kesunean cukup tinggi,” katanya.

Tingginya angka hipertensi ini juga tergambar dalam kunjungan masyarakat ke puskesmas. Dalam sehari saja, 60 persen lansia diketahui mengalami hipertensi. Kanthy mengimbau masyarakat olahraga teratur. Menjaga pola makan. Mengurangi konsumsi makanan asin, istirahat cukup, hindari stres, dan minum obat serta berobat secara teratur.

Manajemen Klinik Jantung Sehat, Tessa Nur Maulana menambahkan, sebagai bentuk dukungannya dalam acara tersebut, Klinik Jantung Sehat ikut memfasilitasi masyarakat senam prolanis. Senam jantung sehat dilakukan guna menjaga kesehatan jantung, memperlancar aliran darah dari jantung keseluruh tubuh, dan untuk orang usia lanjut bagi lansia yang daya tahan kerja jantungnya sudah mulai berkurang, senam jantung sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. “Kami turut mendukung program Gebyar PTM. Sebagai faskes lanjutan, kami terbuka bagi pasien yang akan rujuk,” tukasnya. (apr)