Walah, Ruas Jalan di Kabupaten Rusak Parah, Kadis PUPR Tidak Tahu Detil Perbaikan di 2019

Sejumlah pengendara menghindari jalan rusak yang cukup parah di depan kantor Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. FOTO:DENY HAMDANI/RADAR CIREBON
Sejumlah pengendara menghindari jalan rusak yang cukup parah di depan kantor Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.FOTO:DENY HAMDANI/RADAR CIREBON

CIREBON-Ruas jalan tipe kabupaten atau kota di Kabupaten Cirebon mengalamai kerusakan. Salah satunya di wilayah Desa Suci Kecamatan Mundu. Jalan yang berada tepat di depan Balai Desa Suci itu rusak parah. Bahkan, kondisinya berlumpur dan mirip kubangan setelah terkena air hujan dengan intensitas tinggi.

Salah satu warga setempat, Hasan Basri mengatakan, kerusakan jalan sudah terjadi sejak lama. “Awalnya sih kerusakan ringan lubang-lubang kecil, tetapi karena sudah lama tidak diperbaiki-perbaiki jadi kerusakan bertambah parah,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Dijelaskan Hasan, untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, warga berinisiatif untuk menutup lubang itu dengan tanah.”Karena enggak diperbaiki, warga kasih tanah-tanah di lubang besar tersebut untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. Karena hujan terus jalan tersebut menjadi berlumpur dan mirip kubangan,” katanya.

Hasan berharap, segera ada perbaikan yang dilakukan oleh instansi yang berwenang. “Takutnya keburu ada korban, karena jalan banyak lumpur dan berlubang. Kondisi itu berbahaya kalau ada pengendara terutama roda dua yang lewat,” ujarnya.

Menurutnya, jalan tersebut merupakan jalan tipe kabupaten atau kota sehingga sangat vital dan banyak dilalui oleh warga. “Orang yang bawa kendaraan juga selalu menghindari jalan rusak itu karena kalau lewat sangat bahaya,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Ir Avip Suherdian ketika ditemui usai mengikuti sebuah acara mengaku, dirinya kurang begitu mengetahui terkait kerusakan jalan. “Ke kabidnya saja langsung supaya jelas,” ujarnya.

Dirinya juga mengaku, tidak mengetahui secara detil terkait rencana perbaikan jalan yang berlangsung di tahun 2019 ini. “Ibu Kabid lebih tahu jalan-jalan mana saja yang akan diperbaiki di tahun 2019 ini,” katanya. (den)