Warga Belum Tahu Pelaksanaan Pilwalkot, Pemilih Pemula Bingung Cara Memilih

Petugas Survei Pemilu Awal Radar Cirebon tengah mendatangi responden di Sitopeng Kelurahan Kalijaga. Foto: Fazri/radarcirebon.com

CIREBON – Sosialisai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon seperti belum maksimal. Pasalnya sejumlah warga di Jl Ledeng III, RT/RW, 03/09, Kampung Sitopeng, Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon belum mengetahui waktu pelaksanan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon.

Hal tersebut diketahui saat petugas pemilu awal dari Radar Cirebon melakukan survei di wilayah tersebut.

Berdasarkan pantauan dari radarcirebon.com, banyak warga bertanya kapan tanggal Pilwalkot. Selain itu, warga masyarakat utamanya para pemilih pemula baru belum mengetahui cara mencoblos yang sah.

Salah satunya Lilis, warga yang belum mengetahui waktu pelaksanaan Pilwalkot. Lilis mengaku, baru mengetahui bakal ada Pilwalkot setelah mendapat infromasi dari petugas survei pemilu dari Radar Cirebon. “Saya baru tahu ini mas, kalau sebentar lagi mau pilihan Walikota,” ungkap Lilis.

Selain itu, warga lainnya, Erna mengatakan bahwa belum ada lembaga atau instansi yang menginformasikan hal tersebut. Walau begitu, lanjut Erna, kini dirinya sudah mengetahui waktu pelaksanaan Pilwalkot.

“Saya ngga pernah baca berita sih jadi ngga tahu. Berkat mas, sekarang saya jadi tahu kapan pemilihan lagi,” kata Erna.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi Radar Cirebon, Rusdi Polpke menuturkan, program pemilu awal ini akan dilakukan di seluruh Kelurahan yang di Kota Cirebon.

Di mana, pihaknya setiap minggunya akan mengumumkan hasil survei pemilu awal. Sehingga, masyarakat pun bisa membaca sejauh mana peluang sejumlah pasangan calon yang akan berkompetisi dalam perebutan kursi Pilwalkot. “Hasil survei bisa dilihat di koran Radar Cirebon edisi Senin,” kata Rusdi. (fazri)

Berita Terkait