oleh

Warga Jabar di Ternate Harus Jaga Nilai Leluhur

-Headline, Jawa Barat-11 views

TERNATE – Warga Jawa Barat yang ada di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, diminta oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar menjunjung nilai Silih Asih, Silih Asah, Silih Asuh dan Silih Wawangi. “Banyak pemimpin daerah di Indonesia bilang ke saya, kalau warga Jawa Barat biasanya berperan sebagai juru damai.

Orangnya ramah, santun, humoris dan kata-katanya lembut. Maka, saya berpesan agar warga Jawa Barat yang tinggal di Kota Ternate untuk menjunjung pepatah; Di Mana Bumi Dipijak, di Sana Langit Dijunjung,” katanya usai silaturahmi dengan Paguyuban Pasundan Ternate di Grand Dafam Bela Hotel, Kota Ternate, Kamis (5/9).

Tidak hanya berpesan untuk menanamkan filosofi leluhur. Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil-, dalam kesempatan tersebut memberikan bantuan dana sebesar Rp50 juta kepada Paguyuban Pasundan Ternate untuk mengembangkan organisasi.

“Ini untuk kepentingan organisasi, agar kegiatan di sini bisa berjalan dengan maksimal,” ucapnya.

Dia juga meminta kepada Walikota Ternate, Burhan Abdurahman untuk mendukung setiap kegiatan positif Paguyuban Pasundan Ternate. “Silaturahmi itu indah, dan banyak manfaatnya, bisa mendatangkan rezeki, kesehatan dan panjang umur,” ungkapnya.

Sementara, Burhan Abdurahman mengakui bahwa warga Ternate asal Jawa Barat dikenal sebagai pribadi yang santun. “Warga di sini yang berasal dari Jawa Barat  selalu membangun komunikasi dan silaturahim dengan baik,” terangnya.

Ketua Umum Paguyuban Pasundan Maluku Utara, Kombes Pol Tubagus Siddiq menyebutkan bahwa organisasinya terbentuk pada 2004 dan jumlah warga Ternate asa Jawa Barat mencapai 1.000 orang. “Mereka di sini sudah ada yang beranak pinak. Awalnya karena tugas atau berbisnis. Pada umumnya, mereka ingin anak-anaknya bisa sukses di sini,” pungkasnya. (jun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed