Waspada Curah Hujan Tinggi 3 Hari ke Depan

waspada-longsorHARUS WASPADA: Bencana alam seperti longsor kerap menghantui warga Kabupaten Kuningan terutama yang masuk daftar zona merah. Foto: Dok. Radar Kuningan

KUNINGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan cuaca ekstrem yang terjadi selama tiga hari ke depan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat akan terjadi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di pulau Jawa hingga 9 November mendatang. Kondisi itu, kata Agus, tidak menutup kemungkinan akan terjadi pula di Kabupaten Kuningan.

“Prakiraan BMKG menyebutkan, potensi peningkatan curah hujan terjadi mulai tanggal 5 hingga 9 November akibat adanya aktivitas aliran massa udara kering dari Australia ditambah adanya perlambatan dan area pertemuan angin yang memanjang dari Jawa bagian Timur hingga Barat yang berdampak pada meningkatnya kelembapan udara di wilayah barat. Kondisi ini mulai terasa pada Senin (5/11) siang, hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah Kuningan, dan diperkirakan masih akan terjadi hingga tiga hari ke depan,” ujar Agus.

Karen itu, Agus mengimbau masyarakat Kabupaten Kuningan untuk tetap waspada terhadap segala dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang dan pohon tumbang. Terutama yang tinggal di sekitar aliran sungai. Agus mengimbau untuk terus memantau volume air sungai apabila terjadi hujan deras dan melakukan antisipasi sejak dini.

“Diharapkan masyarakat menjaga lingkungan terutama aliran sungai dari tumpukan sampah. Kepada para kepala desa dan camat supaya bisa mengerahkan warganya untuk membersihkan sungai dari sampah untuk menghindari sumbatan yang dapat menyebabkan banjir,” imbau Agus.

Selain itu, bagi warga yang tinggal di sekitar perbukitan, Agus mengingatkan untuk selalu berhati-hati dari kemungkinan bencana tanah longsor dan pergerakan tanah. Karena kontur tanah di Kuningan sangat rawan dengan longsor dan pergerakan tanah.

“Jangan ragu untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lebih dari dua jam. Amankan barang berharga dan dokumen penting ke dalam satu wadah yang mudah dan praktis, sehingga bisa langsung dibawa jika bencana terjadi,” imbuhnya.  (fik)